Tak Perlu Panasi Mobil Anda Tiap Hari, Ini Alasannya


    Untuk permasalahan mobilitas dengan jarak tidak terlampau jauh, kita lebih menentukan kendaraan roda dua. Alasannya lebih simpel, dibandingkan memakai kendaraan beroda empat.

    Sehingga kendaraan beroda empat pun cuma dianggurin digarasi, dan kendaraan beroda empat ini cuma akan keluar sebuah waktu saja dikala memang diperlukan.

    Dan pertanyaannya, apakah kendaraan beroda empat yang lama nganggur perlu dipanaskan saban hari ? atau tidak perlu ? dan jikalau perlu, bagaimana cara memanaskan kendaraan beroda empat yang benar ?

    Untuk itulah anda mesti membaca postingan ini hingga tuntas.


    Aра Mоbіl Pеrlu Dіраnаѕі Sеtіар Hаrі ?


    Pertanyaan pertama, apakah kendaraan beroda empat yang tidak digunakan mesti dipanasi saban hari ? ini kan namanya buang-buang bensin, dan bisa dikatakan pemborosan.

    Pertama yang perlu anda ketahui yaitu fungsi dari pemanasan kendaraan beroda empat itu sendiri, kira-kira apa tujuan utamnya mesin kendaraan beroda empat dipanasi ?

    Ternyata kendaraan beroda empat dipanasi itu berencana supaya nanti dikala kendaraan beroda empat digunakan di jalan, bisa lebih efisien. Maksudnya, sewaktu suhu mesin masih dingin maka hasil pembakaran mesin akan banyak yang terserap untuk menaikan suhu mesin sehingga bila dalam suhu dingin ini mobil pribadi dipacu, tenaganya kurang nendang dan mampu lebih boros.

    Tapi dengan memanaskan mesin, atau menyiapkan suhu mesin biar sudah panas sebelum berkendara maka bisa menciptakan kinerja mesin efisien.

    Dari pernyataan itu, maka didapatlah kesimpulan bahwa memanaskan kendaraan beroda empat itu harusnya dijalankan sewaktu mobil itu akan digunakan. Jadi bila mobilnya tidak mau digunakan, buat apa dipanaskan ?


    Apalagi sekarang semua kendaraan beroda empat sudah berteknologi injeksi, yang meski sudah sebulan mesinnya mati pun bisa dihidupkan dengan normal tanpa kendala.

    Kaprikornus kembali ke pertanyaan permulaan, apakah mobil perlu dipanasi saban hari ? iya kalau kendaraan beroda empat anda digunakan saban hari tetapi jikalau anda hanya memakai kendaraan beroda empat kadang kala, maka kendaraan beroda empat tidak butuhsering dipanasi.

    Bagaimana dengan kendaraan beroda empat karburator ?

    Namun khusus untuk kendaraan beroda empat yang masih memakai karbu, memang agak menyulitkan. Alasanya kalau mesin mobil mati dalam waktu usang, maka aliran bensin tersebut mampu macet. Sehingga saat akan dihidupkan sangat menguras waktu dan tenaga.

    Oleh alasannya itu, minimal seminggu sekali kendaraan beroda empat karbu mesti dipanaskan. Saat memanaskan juga tak perlu lama-lama dan tak perlu menyalakan AC.

    Cаrа Mеmаnаѕkаn Mеѕіn Mоbіl Dеngаn Bеnаr


    Semua orang juga tahu ntuk memanaskan kendaraan beroda empat tidak dijemur dibawah terik matahari, tetapi dengan menyalakan mesinnya. Lalu untuk apa sub bab ini ?

    Memang semua orang tahu bagaimana cara memanaskan mobil, tetapi apakah sudah benar ? alasannya jikalau cara memanasinya tidak benar, justru bisa jadi pemborosan dan kurang efektif dalam menaikan suhu mesin.

    Ada beberapa point penting antara lain ;

    1. Sеbеlum mеnуаlаkаn mеѕіn, tеntukаn іndіkаtоr dаѕhbоаrd аmаn



    Ini mungkin terkesan sepele, tetapi kita tidak tahu apakah didalam mesin ada problem terkait elektrikalnya atau tidak.

    Biasanya jika ada duduk perkara seputar kelistrikan mesin, maka ada indikator pada dashboard yang menyala. Tapi indikator tersebut tidak pribadi menyala, ketika kita putar kunci kontak ke ON maka semua indikator akan menyala sekitar beberapa detik gres semuanya mati.

    Saat akan memanaskan mesin, jangan pribadi start seusai memposisikan kunci ke ON. Tapi tunggu sampai semua indikator mati, kalau semua indikaor tidak ada yang menyala maka kelistrikan mesin aman anda mampu langsung hidupkan mesin.

    2. Durаѕі kеtіkа mеmаnаѕkаn mеѕіn

    Yang kedua terkait lamanya proses pemaasan mesin ini, jikalau ditanya berapa lama mesin kendaraan beroda empat dipanaskan ? jawabannya niscaya relatif karena proses termodinamika setiap mesin kendaraan beroda empat juga berlawanan-beda, ada yang cepat ada pula yang lambat.

    Untuk memposisikan mesin dalam suhu kerjanya, bantu-membantu anda mampu memakai kipas radiator selaku acuannya. Kalau kipas radiator belum berputar, maka tandanya mesin masih dalam proses warm up. Tapi jikalau kipas radiator sudah berputar itu tandanya mesin telah menjangkau suhu kerja.

    Lalu berapa lama sampai kipas radiator ini berputar ?

    Untuk mesin bensin, mungkin bisa meraih 10 hingga 15 menit sementara mesin diesel mampu diatas 15 menit gres kipas berputar. Cukup lama bukan ?

    Oleh sebab itu lamanya proses pemanasan mesin ini diubahsuaikan dengan traffic jalan raya dan penggunaan kendaraan beroda empat. Misal kendaraan beroda empat akan digunakan cuma untuk berangkat dari rumah ke kantor melewati traffic yang padat dan condong macet, maka anda tidak perlu menanti hingga kipas radiator berputar. Cukup panaskan optimal 3 menit maka kendaraan beroda empat aman dipakai.

    Lagi pula bila anda tinggal didaerah perkotaan yang mempunyai traffic cukup padat, kendaraan beroda empat condong bergerak pelan. Sehingga proses pemanasan mesin tidak perlu lama-lama.

    3. Pаkаі AC аtаu tіdаk ?


    Usahakan bila anda sedang memanaskan mesin, AC tidak dihidupkan. Alasannya, dikala AC dinyalakan maka kipas radiator pun akan berputar, jikalau kipas radiator berputar proses pendinginan mesin juga berjalan padahal mesin gres saja mau dipanaskan.

    Sehingga untuk mempercepat proses pemanasan mesin, jangan dulu hidupkan kipas radiator.

    Tapi jikalau anda akan menilik apakah kipas radiator hidup atau tidak, anda bisa hidupkan AC. Kalau kipas radiator hidup, memiliki arti tata cara pendingin mesin harusnya berlangsung dengan masuk akal pula.

    4. Tіdаk реrlu dіgаѕ, bіаrkаn іdlе


    Mengapa dihentikan digas ? lantaran ketika mesin gres hidup, sirkulasi oli didalam mesin belum 100% melumasi semua bagiannya. Sehingga kalau digeber dalam keadaan seperti ini, cuilan dalaman mesin mampu cepat aus.

    Sehingga di saat memanaskan mesin, cukup biarkan pada idle RPM saja. Standar RPM mobil injeksi sekitar 8.000 RPM tidak dengan AC. Tapi bila AC nyala, RPMnya bisa tembus 9.000

    5. Mеmреrhіtungkаn tеkаnаn mаtеrі bаkаr

    Khusus untuk kendaraan beroda empat injeksi yang tidak dinyalakan dalam waktu lebih dari sebulan biasanya tekanan bahan bakarnya drop. Padahal tekanan bahan bakar inilah yang membuat bensin bisa tersemprot keluar dari injektor, jikalau tekanannya drop maka bensin tidak keluar dari injektor sehingga mesin sukar hidup ketika start pertama.

    Solusinya, sebelum anda menyalakan starter kendaraan beroda empat anda mesti memutar kunci kontak ke posisi ON dan OFF bolak balik sekurang-kurangnya3 kali. Ini dijalankan untuk memicu supaya fuel pump melakukan pekerjaan lebih untuk menaikan tekanan materi bakar.

    Saat kita memutar kunci ke ON, maka fuel pump otomatis melakukan pekerjaan selama sekitar 3 detik. Ini akan menaikan tekanan materi bakar, tetapi kalau dijalankan sekali mungkin tekanannya kurang sehingga anda perlu memutar kunci ke ON/Off selama 3 kali semoga fuel pump melakukan pekerjaan lebih lama.
    David Sigalingging
    David Sigalingging Guru Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Seri Kuala Lobam.
    Post a Comment