Cara Kerja Kopling Magnet Kompresor AC Mobil + Gambar
David Sigalingging
3 min read
Salah satunya kompresor, kompresor berfungsi untuk menekan freon mudah-mudahan bisa memancar pada evaporator. Dalam melaksanakan kinerjanya, kompersor mempergunakan putaran mesin. Tapi kompresor tidak melaksanakan pekerjaan selama mesin hidup alasannya yaitu ini besar lengan berkuasa kepada suhu dan tekanan freon.
Lebih sederhananya, jikalau kompresor tetap melakukan pekerjaan ketika mesin digas (RPM tingg) pasti tekanan freon akan berkembangdan bisa menimbulkan kebocoran freon tentunya. Oleh karena itu, pada pulley kompresor terdapat tata cara kopling. Lalu seperti apa cara kerja kopling kompresor ini ? mari kita diskusikan secara rincian.
Pеngеrtіаn dаn Fungѕі Kорlіng Kоmрrеѕоr
Kopling kompresor merupakan perangkat yang dipakai selaku pemutus dan penyambung putaran dari pulley kompresor ke poros kompresor. Jadi pada kompresor, pulley kompresor dan poros kompresor itu tidak terletak dalam satu tautan.
Pulley kompresor terhubung ke pulley mesin lewat V belt, sementara poros kompresor akan membisu (idle) sewaktu kopling kompresor off meski pulley kompresor sedang berputar kencang.
Lalu kapan kopling melaksanakan pekerjaan ?
Kopling akan ON saat kita menyalakan AC, dikala kopling ON maka akan ada tautan antara pulley kompresor dan poros kompresor sehingga putaran pada pulley kompresor bisa diteruskan ke poros.
Meski fungsinya nyaris sama dengan kopling powertrain, ini terperinci mempunyai tata cara yang berlainan. Hal ini dikarenakan kopling pada kompresor memakai jenis magnetic clutch. Jadi kopling akan terhubung sebab gaya tarik magnet.
Bаgаіmаnа Cаrа Kеrjа Kорlіng Mаgnеt ?
Sebelumnya anda mungkin paham, kalau magnet itu mempunyai daya tarik terhadap logam. Dengan kata lain apabila kita letakan logam diarea medan magnet maka logam akan bergerak sesuai arah medan magnet.
Pada tata cara kopling magnet kompresor, ada tiga penggalan utama ialah ;
- Pullеу kоmрrеѕоr
- Mеtаl сlutсh
- Mаgnеtіс соіl
Pulley kompresor, berfungsi sebagai penerima putaran input dari pulley mesin. Seperti yang diterangkan sebelumnya, pulley ini tersambung lewat V belt sehingga RPM pulley kompresor sama dengan RPM pulley mesin. Dalam metode kopling, pulley ini ibarat fungsinya mirip kampas kopling.
Metal clutch itu mirip plat penekan yang berfungsi untuk menekan pulley kompresor. Sama halnya ibarat plat penekan, metal clutch akan menekan bagian pulley untuk menyambungkan putaran ke poros.
Magnetic coil merupakan perangkat yang mau membentuk medan magnet, medan magnet ini yang mau menarik metal clutch semoga menekan pulley. Komponen ini mempergunakan listrik untuk membentuk medan magnet.
Lalu ibarat apa mekanismenya ?
1. Sааt AC OFF
Dalam kondisi AC OFF, magnetic coil tidak menerima arus listrik sehingga tidak ada kemagnetan pada coil. Karena hal ini, maka metal clutch tidak tertarik atau posisinya masih free. Pada posisi ini, ada celah antara permukaan metal clutch dengan permukaan pulley.
Karena celah itulah, sekencang apapun putaran pulley tidak akan menciptakan metal clutch berputar. Pada kondisi ini, kompersor belum melakukan pekerjaan sehingga AC masih OFF.
2. Sааt AC dіnуаlаkаn
Ketika kita tekn saklar AC, maka HVAC control module atau processor pengontrol kelistrikan AC mobil akan mengirimkan arus listrik ke magnetic coil. Akibatnya, terjadi kemagnetan alasannya didalam magnetic coil ini terdapat inti besi yang dililit tembaga. Saat lilitan tembaga itu dialiri listrik maka akan ada daya tarik pada sekitar inti besi tersebut.
Daya tarik/daya magnet ini akan menawan metal clutch yang berbahan logam ke arah pulley. Hal ini akan bikin metal clutch menekan pulley compressor. Akibatnya putaran pada pulley bisa diteruskan ke metal clutch.
Sementara itu, metal clutch bertautan dengan poros kompressor, sehingga putaran pada metal clutch juga akan bikin compressor melaksanakan pekerjaan . Pada kondisi ini, tekanan freon naik menimbulkan adanya aliran freon didalam saluran AC sehingga AC terasa masbodoh.
Kорlіng Mаgnеt Kоmреrѕоr Bеkеrjа Sесаrа Otоmаtіѕ
Hal itu dikarenakan tidak ada saklar yang mampu menghidupkan atau mematikan kopling magnet ini, saklar pada dashboard itu Cuma cuma menaktifkan bagan kelistrikan AC secara keseluruhan. Makara yang mengendalikan kopling magnet itu HVAC control module dengan sumbangan beberapa sensor.
Sensor apa saja ?
- Rеfrіgеrаnt рrеѕѕurе ѕеnѕоr, untuk mеndеtеkѕі tеkаnаn frеоn kаrеnа ѕеwаktu tеkаnаn frеоn mеnсараі mаkѕіmаl mаgnеtіс сlutсh аkаn оff ѕесаrа оtоmаtіѕ. Inі аkаn mеmbаtаѕі оvеr рrеѕѕurе раdа frеоn.
- CKP ѕеnѕоr, dіраkаі untuk mеndеtеkѕі RPM mеѕіn аlаѕаnnуа аdаlаh mаkіn tіnggі RPM mеѕіn mаkа mаkіn bеѕаr рulа tеkаnаn frеоn. Sеnѕоr іnі аkаn mеngеnаlі bеrара RPM mеѕіn ѕеhіnggа mеngіndаrі аdаnуа kеlеbіhаn tеkаnаn.
- Cаbіn tеmр ѕеnѕоr dаn аmbіеnt tеmр ѕеnѕоr, duа ѕеnѕоr іnі ѕаmа-ѕаmа mеndеtеkѕі tеmреrаtur раdа саbіn dаn раdа luаr kаbіn. Fungѕіnуа untuk ѕеlаku fееdbасk араkаh ѕuhu AC уаng dіѕеt ѕudаh tеrсараі аtаu bеlum. Kаlаu ѕuhu ѕudаh tеrсараі mаkа mаgnеtіс сlutсh аkаn оff untuk mеnghіndаrі AC tеrlаlu mаѕbоdоh.
Tiga sensor utama ini, akan mengantarkan sinyal ke HVAC control module atau ECU. Pada ECU akan dijalankan perhitunga, hasil perkiraan ECU akan mengirim sinyal pada relay kopling magnet semoga ON. Saat relay ini ON maka listrik mengalir dari aki ke magnetic coil.
Kоmроnеn Kорlіng Mаgnеt Kоmрrеѕѕоr
- Akі
- Fuѕе
- Rеlау
- Sеnѕоr
- ECU/HVAC соntrоl mоdulе
- Mаgnеtіс соіl
- Mеtаl сlutсh
- Cоmрrеѕѕоr рullеу
Sekian artikel wacana cara kerja kopling pada kompressor AC. Semoga bisa memperbesar pengetahuan kita semua.
Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.