5 Perbedaan Ban Bias dan Ban Radial
David Sigalingging
2 min read
Selain konstruksi ban yang bertentangan, kelebihan dan penggunaan ban bias dan radial juga bertentangan. Makara silahkan simak artikel dibawah agar kita bisa tahu untuk apa ban bias dan untuk apa ban radial.
Pеrbеdааn Bаn Rаdіаl dаn Bіаѕ
Secara biasa , perbedaan kedua tipe ban ini hanya pada struktur benang. Tetapi, kami tuliskan 5 itu termasuk perbedaan performanya.
1. Struktur bеnаng
Ban intinya dibuat dari beberapa lapisan, ada lapisan belt yang merupakan rangka ban, ada sidewall yang merupakan penggalan samping ban, dan lapisan tread yang merupakan permukaan ban. Struktur benang ini, ada pada lapisan belt sebagairangka atau unsur pembentuk ban.
Pada ban tipe radial, bentuk struktur benang lurus dari sisi kanan ke sisi kiri. Dengan kata lain, serat benang yang melingkar ini cuma terdiri dari satu arah.
Sementara ban tipe bias, memiliki bentuk benang saling menyilang. Sehingga benang-benang tersebut bila diperhatikan akan membentuk sudut sekitar 40 – 60 kepada sumbu roda.
2. Kеtеbаlаn bаn
Serat benang pada ban radial, yang dibuat dari serat baja lentur. Akibatnya, lapisan pada belt ini tidak butuhtebal lantaran serat baja ini mempunyai ketahanan yang baik. Sehingga ban radial mempunyai ketebalan yang lebih tipis.
Sementara ban bias, terbuat dari serat nylon atau polyester. Dimana serat tersebut tak sekuat serat baja sehingga cuilan belt roda dibentuk dengan beberapa lapis. Hal ini mengakibatkan ketebalan ban menjadi lebih tebal.
3. Dауа сеngkrаm
Secara biasa , daya cengkram ban itu dipengaruhi oleh bentuk dari tread atau acuan permukaan ban. Namun konstruksi ban juga sedikit besar lengan berkuasa kepada daya cengkram ban. Untuk ban radial dengan serat baja lentur memiliki daya cengram lebih baik terhadap jalan alasannya adalah secara umum ban lebih elastis.
Sementara pada ban bias yang mempunyai serat ban tebal, daya cengkram ban sedikit dibawah ban radial.
4. Pеmаkаіаn
Ban radial dengan bentuk ban tipis, mempunyai daya cengkram baik dan ringan cocok dipakai untuk sepeda motor dan kendaraan-kendaraan ringan.
Sementara ban bias dengan tipikal serat tebal, sangat sesuai digunakan pada kendaraan berbobot seperti mobil-mobil komersial, bus dan truk.
Apabila ban radial digunakan pada kendaraan berbobot besar, maka belahan sidewall ban yang tidak berpengaruh. Hal ini berkaitan dengan lapisan ban radial yang tipis, sebaliknya jikalau ban bias digunakan pada kendaraan-kendaraan ringan maka akan handling kurang dan kenyamanan juga kurang karena ban lebih keras dan berat.
5. Flеkѕіbеlіtаѕ
Secara biasa , ban radial lebih fleksibel alasannya adalah mempunyai lapisan yang tipis. Meski memiliki lapisan ban tipis, ban tidak bocor alasannya yakni dibagian permukaan utama ada beberapa layer pelapis ban. Jadi untuk ban radial, bagian sidewall atau samping saja yang tampaktipis.
Sementara ban bias, seluruh lapisan ban baik permukaan utama dan sidewall mempunyai serat berlapis. Sehingga kurang fleksibel. Sebenarnya fleksibelitas ban dibutuhkan untuk kenyamanan, namun untuk kendaraan berbobot berat mungkin fleksibelitas akan dinomor duakan demi ketahanan ban.
Kaprikornus, kesimpulannya
Ban radial dan ban bias merupakan ban yang mempunyai penggunaan yang berbeda. Ban radial digunakan pada kendaraan-kendaraan ringan, sementara ban bias dipakai pada kendaraan-kendaraan berat.
Sekian postingan perihal perbedaan ban bias dan radial, agar bisa memperbesar pengetahuan kita semua.
Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.