Berapa Lama Umur Aki Mobil Yang Normal ?
David Sigalingging
2 min read
Namun apakah memang benar usia aki itu 2 tahun, sementara ada banyak jenis aki seperti aki lembap dan kering. Apakah kedua jenis aki tersebut juga memiliki usia yang sama ?
Untuk menjawab pertanyaan kita semua, mari kita diskusikan usia pemakaian aki secara rinci.
Sіkluѕ аkі раdа kеndаrааn
Pertama anda perlu mengetahui bahwa aki itu ialah belahan penyimpan energi listrik. Jadi memang semua kelistrikan kendaraan beroda empat itu berasal dari aki tetapi aki bukan sumber daya listrik utamanya, aki cuma bersifat menyimpan cadangan listrik yang dihasilkan dinamo ampere.
Dinamo ampere ialah suatu generator mini yang dipasangkan pada setiap kendaraan beroda empat. Fungsinya untuk menciptakan listrik selama mesin melaksanakan pekerjaan , jadi kondisi aki pada kendaraan beroda empat itu selalu terisi alasannya ialah saat mesin hidup dinamo ampere secara otomatis mengisi aki.
Makara apa yang menyebabkan aki diganti ?
sama menyerupai baterai ponsel anda, dikala anda gres membeli ponsel baterainya pasti akan bertahan usang. Tapi usang kelamaan, baterainya akan lebih singkat habis. Hal itu juga berlaku pada aki kendaraan beroda empat, dikala kondisinya masih baru aki bisa menyimpan listrik lebih banyak.
Tapi usang kelamaan seiring pemakaian aki, elektrolit aki akan mengalami pelemahan. Dan ketika elektrolit aki lemah maka aki tidak mampu menyimpan listrik lebih banyak sehingga aki akan cepat tekor.
Ketika elektrolit aki sudah betul-betul lemah, aki tidak bisa lagi menyimpan listrik. Hal inilah yang menyebabkan aki diganti.
Baca pula Cіrі сіrі аkі mоbіl ruѕаk dаn mеѕtі dіgаntі
Apa yang mensugesti usia pemakaian aki ?
Ada beberapa aspek yang mempengaruhi panjang pendeknya usia aki, antara lain ;
1. Fаktоr реmаkаіаn kеndаrааn bеrоdа еmраt
Mobil yang jarang dipakai akinya akan cepat soak. Hal ini alasannya pengisian aki itu berjalan sewaktu mesin dihidupkan, jikalau kendaraan beroda empat jarang digunakan maka pengisian aki juga kian jarang sehingga aki selalu dalam kondisi kurang.
Meski anda senantiasa memanaskan mesin itu tidak cukup. Memanaskan mesin yang hanya berjalan beberapa menit, belum cukup untuk mengambil alih kehilangan listrik dikala motor starter menyalakan mesin.
Mobil yang sering dipakai jarak jauh akan lebih kekal akinya alasannya ialah pengisian aki berlangsung lebih lama sehingga keadaan aki senantiasa dalam kondisi full charged.
2. Bеbаn kеlіѕtrіkаn уаng сukuр tіnggі
Pemasangan aksesoris berlebih pada kendaraan beroda empat dapat meningkatkan kebutuhan listrik pada mobil, sementara kapasitas aki kendaraan beroda empat itu sudah diadaptasi dengan keperluan listriknya. Kaprikornus dikala beban kelistrikan menjadi lebih berat, aki akan lebih cepat kosong sehingga aki cepat tekor.
Untuk mengimbangi penambahan aksesoris kendaraan beroda empat, aki perlu diganti dengan kapasitas yang lebih tinggi.
3. Kеbіаѕаn mеnуаlаkаn kеlіѕtrіkаn mоbіl tаnра mеmbаngkіtkаn mеѕіn
Kebiasaan mirip menyalakan audio tanpa membangkitkan mesin membuat aki melaksanakan pekerjaan tanpa ada suplai arus dari dinamo ampere. Sehingga aki akan sering tekor, ini membuat umur aki menjadi semakin pendek.
Ketika aki sudah mengalami kerusakan atau biasa dikatakan aki soak, maka langkah perbaikannya yaitu dengan melaksanakan penggantian. Namun, ada sedikit perbedaan terhadap jenis aki kering dan berair.
Aki kering atau aki MF yang kini banyak digunakan pada mobil memiliki masa pakai yang lebih pendek dibandingkan dengan aki berair.
Hal itu dikarenakan sifat aki kering yang tertutup, sehingga saat elektrolit aki telah lemah, harus diganti satu unit aki alasannya yaitu tidak bisa mengganti elektrolitnya saja. Sementara pada aki berair, dikala elektrolitnya lemah maka bisa diganti elektrolitnya saja niscaya dengan harga lebih ekonomis ongkos.
Baca pula 9 lаngkаh mеnggаntі аіr аkі lеmbар уаng mаmрu аndа kеrjаkаn ѕеndіrі
Aki lembap harus diganti kalau unsur aki menyerupai plat dan separator didalam aki mengalami kerusakan. Dan itu bisa bertahan hingga beberapa tahun.
Namun, aki jenis MF memang lebih cocok dipakai pada mobil injeksi dibandingkan dengan aki basah. Hal itu disebabkan aki MF memiliki sketsa yang dapat menahan tegangan aki tetap pada angka 12 volt meski keadaan aki sudah lemah. Ketika aki sungguh-sungguh kosong, gres aki akan pribadi mati.
Sementara pada aki lembap, dikala aki mulai lemah maka tegangannya akan makin turun. Ini terang tidak sesuai dipakai pada mesin injeksi lantaran ECU selaku controller memerlukan tegangan aki yang stabil. Kalau tegangan yang masuk ke ECU lemah, maka mesin akan eror ibarat brebet dan pincang.
Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.