7 Tanda Ban Mobil Harus Ganti
David Sigalingging
3 min read
Sehingga untuk mengerti apakah ban kendaraan beroda empat masih manis atau tidak, kita mesti mengeceknya secara langsung.
Tapi tak banyak yang tahu, apa ciri ciri ban kendaraan beroda empat yang mesti secepatnya diganti. Oleh alasannya ialah itu, diartikel ini akan kita diskusikan bagaimana cara menganalisa apakah ban kendaraan beroda empat masih elok, atau perlu diganti.
9 Tаndа Bаn Mоbіl Pеrlu Dіgаntі
іmg : gѕhѕеrvісе.соm
1. Kеtеbаlаn trеаd mеlаluі TWI
Yang pertama, permukaan tread ban mulai tipis. Untuk mengeceknya, cukup gampang. Anda cuma tinggal menyaksikan kedalaman alur yang ada dipermukaan ban. Biasanya di tengah alur tersebut terdapat karet TWI (tread wear indicator).
TWI ini dijadikan standar apakah tread ban tipis atau tidak, jikalau kedalaman alur ban rata dengan TWI maka artinya tread ban tipis dan ban perlu diganti.
2. Adа bеnjоlаn раdа bаn
іmg ; раkwhееlѕ.соm
Benjolan mampu disebabkan karena lapisan sabuk ban (lapisan dalam ban) mengalami deformasi. Penyebabnya bisa alasannya ialah panas, atau sering dipakai pada jalan yang tidak rata.
Resiko ban abuh ini, ban rentan bocor dan rentan meledak. Selain itu, handling mobil juga akan terganggu. Sehingga bila anda menyaksikan benjolan pada ban kendaraan beroda empat anda, sebaiknya anda ganti ban kendaraan beroda empat tersebut.
3. Bаn gundul dіbаgіаn tеngаh
Selanjutnya, ban botak cuma dibagian tengah. Terkadang, ada kondisi dimana kedalaman alur ban masih tebal tetapi dibagian tengah, ban sudah gundul. Ini juga menjadi salah satu tanda ban yang mesti ganti.
Pasalnya, ban gundul dibagian tengah akan mengurangi ketahanan ban dibagian permukaan tengah. Sehingga kalau lewat jalan tidak rata atau melalui batu sangat rentan bocor. Solusinya, anda perlu ganti ban dengan yang gres.
4. Bаn bоtаk dіbаgіаn ѕаmріng
Selain dibagian tengah, ada pula kondisi dimana ban botak cuma dibagian samping entah bab dalam atau potongan luar ban. Ini disebabkan lazimnya alasannya faktor suspensi yang mempunyai persoalan, bisa alasannya bushing suspensi yang mulai rusak atau lantaran pegas suspensi yang mulai lemah.
Apabila anda menemui kondisi ini, kerjakan pengecekan tata cara suspensi dan ganti ban. Tetapi apabila cuma satu atau dua ban yang mengalami gundul samping ini, anda bisa rotasi ban sesuai arah rotasinya.
5. Bаn bеlum реrnаh gаntі ѕеlаmа 3 tаhun
Seperti yang diterangkan diawal, umur ban tidak mesti. Ada yang mampu dipakai hingga 3 tahun ada juga yang tidak hingga. Apabila ban kendaraan beroda empat anda sudah berumur tiga tahun namun pemakaian kendaraan beroda empat sungguh jarang mungkin tidak dilema.
Tetapi jikalau hingga 3 tahun ban belum diganti dengan intensitas pemakaian mobi sering, maka ban mesti secepatnya diganti.
6. Pеrmukааn bаn rеtаk
Ban yang retak bisa disebabkan sebab faktor umur, maupun aspek cuaca yang ekstrem. Mobil yang sering melintasi jalan berkerikil juga rentan mengalami retak, bila permukaan atas maupun samping ban telah retak secepatnya ganti ban tersebut.
Memang, ban yang retak masih bisa digunakan tetapi ketahanan ban akan menyusut serta handling kendaraan beroda empat juga akan terusik. Kecuali permukaan yang retak cuma sedikit, mungkin masih bisa ditoleransi.
7. Pеrmukааn bаn bеrgеlоmbаng
Mungkin anda pernah menemui permukaan atas ban bergelombang, ini bisa disebabkan oleh banyak hal salah satunya alasannya yakni aspek wheel aligment yang kurang seimbang. Sehingga saat anda menemui salah satu ban kendaraan beroda empat bergelombang, secepatnya kerjakan spooring balancing.
Sementara ban yang bergelombang tersebut, jelas harus diganti alasannya bisa menurunkan daya tahan ban serta meminimalkan handling.
8. Pеrmukааn bаn bеrѕеrаbut
Sama halnya dengan ban yang bergelombang, ban berserabut juga bisa disebabkan alasannya adalah faktor wheel alignment yang tidak seimbang. Sehingga kalau anda menemui keadaan seperti ini, kerjakan saja spooring balancing. Tapi untuk ban yang berserabut bisa tetap digunakan bila kedalaman alur tread masih diatas minimal.
Atau solusi lain, anda bisa lakukan rotasi ban supaya keausan ban bisa lebih merata. Namun, jika tidak memugkinkan (kondisi ban sudah tipis) maka ganti saja.
9. Bаn ѕudаh ѕеrіng bосоr dаn ѕеrіng dіtаmbаl
Untuk ban yang sering bocor, maka jumlah tambalan pada ban tersebut juga menjadi lebih banyak. Sementara itu, ban tambalan kurang baik dalam ketahanan artinya kian banyak jumlah tambalan maka resiko ban bocor atau bahkan meledak juga lebih besar.
Solusinya, anda perlu mengganti ban tersebut dengan yang gres apalagi bila anda akan menempuh perjalanan jauh.
Tірѕ Mеnggаntі Mоbіl Agаr Bеrkеndаrа Tеtар Nуаmаn
Biasanya dikala kita mengganti ban baru, kita galau alasannya dihadapkan pada aneka macam opsi. Anda juga mesti mengetahui jenis-jenis ban sebab tiap ban mempunyai keistimewaan tersendiri.
- Pіlіh bаn dеngаn mеrk dаn ѕреѕіfіkаѕі ѕаmа mіrір bаn ѕеbеlumnуа
- Gаntі еmраt bаn ѕеkаlіguѕ, іnі аkаn mеmреrtаhаnkаn hаndlіng tеtар bаіk
- jіkаlаu аdа bаn уаng mаѕіh bаguѕ, аndа dараt gаntі сumа bаgіаn dераn аtаu bеlаkаng ѕаjа
demikian postingan perihal tanda ban mobil mesti diganti, supaya bisa menambah wawasan kita semua.
Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.