4 Bahaya Jika Oli Mesin Mobil Bocor


    Jangan sepelekan sewaktu anda mendapati volume oli mesin pada mobil anda dibawah rata-rata. Pasalnya, persoalan sepele menyerupai ini bisa menenteng final yang cukup serius. Bahkan untuk memperbaikinya, kita perlu mengeluarkan biaya hingga jutaan.

    Lalu apa risikonya bila oli mesin bocor hingga habis ?

    Mari kita diskusikan bergotong-royong.

    Fungѕі оlі раdа mеѕіn іtu сukuр vіtаl


    Yang perlu kita garis bawahi pertama ialah fungsi dari oli ini. Oli ternyata memiliki fungsi yang sungguh vital pada mesin, kalau diumpamakan badan manusia maka oli ini berperan layaknya darah.

    Kita tahu didalam mesin itu terdapat banyak sekali komponen-belahan yang bergesekan. Material semua penggalan tersebut juga yang dibentuk dari logam, yang kita ketahui jikalau logam bergesekan dengan logam niscaya akan membuat friksi atau secara simple komponen tersebut akan terkikis.

    Disinilah oli berperan, oli akan menjadi penengah atau sekat antara dua logam yang bergesekan. Kaprikornus misal tabrakan antara silinder dan ring piston. Kalau dilihat dengan mata telanjang, memang ring piston ini bergesekan dengan silinder tetapi jikalau dilihat lebih dekat maka akan ada oil film atau lapisan oli ditengah-tengah bagian yang bergesekan tersebut.

    Sehingga tidak terjadi gesekan antar logam secara pribadi.

    Oli juga bersifat licin sehingga bisa memperlicin gerakan penggalan yang bergesekan.

    Kembali ke pertanyaan awal, apa bahayanya kalau oli mesin bocor ?

    Jawabannya tergantung seberapa banyak oli yang bocor, jikalau hanya sedikit oli yang bocor pasti itu bukan dilema (kondisi mesin masih O.K) namun jikalau oli didalam mesin sudah habis lantaran bocor, maka anda perlu berhati-hati lantaran pasti ada jawaban yang timbul.

    Apa saja bahayanya ?

    1. Kоmроnеn mеѕіn аuѕ dаn реrlu turun mеѕіn untuk mеmреrbаіkіnуа

    Seperti yang saya katakan, oli ini akan melapisi dua komponen yang bergesekan sehingga dua potongan tersebut tidak secara langsung tegesek. Tapi jika olinya habis alasannya bocor, maka tidak ada lagi pelapis sehingga bagian-komponen mesin bisa bergesekan secara pribadi.

    Hasilnya, bagian tersebut akan mengalami keausan dan dalam waktu singkat anda akan menemui beberapa gejala mirip  ;

    • Tеnаgа mеѕіn ngеmроѕ
    • Mеѕіn ѕudаh dіhіduрkаn dіраgі hаrі
    • Mеѕіn оvеrhеаtіng

    Komponen mana saja yang memiliki potensi aus sewaktu oli bocor ?

    a. ring piston

    Ring piston itu berfungsi selaku perapat antara piston yang bergerak naik turun dengan lubang silinder. Ketika oli mesin habis, ring piston yang berbahan logam akan bergesekan secara langsung degan silinder.

    Hasilnya, permukaan ring piston akan kian menipis sehingga fungsinya sebagai perapat antara piston dan silinder menjadi gagal. Itu akan menimbulkan hasil pembakaran mesin bocor, sehingga tenaga mesin menyusut dan mesin juga sukar dihidupkan.

    b. blok silinder

    Blok silinder juga sama dengan ring piston, apabila olinya habis maka silinder dan ring piston akan tergesek secara pribadi. Disini tinggal kuat-kuatan material, kalau ring piston punya bahan yang lebih besar lengan berkuasa maka silinder yang kalah.

    Sehingga diameter silinder menjadi makin lebar dan itu akan membuat piston sungguh longgar. Hasilnya, tenaga mesin juga akan menyusut dan mesin akan sukar dihidupkan.

    Untuk mengatasinya anda perlu mengubah unsur yang dirasa aus tersebut. Biasanya, ini dibuktikan lewat tes kompresi. Apabila hasil tes kompresi lebih rendah dari tolok ukur, maka mesin perlu dibongkar untuk menyaksikan secara eksklusif apakah ring piston atau silindernya yang kena.

    Mengenai ongkos, tentu ini masuk ke perbaikan berat sehingga biayanya bisa cukup mahal.

    2. Suаrа mеѕіn mеnjаdі lеbіh kаѕаr

    Selanjutnya, jikalau ini terjadi dijalan maka anda akan mencicipi bunyi mesin yang cenderung lebih bernafsu.

    Ini terjadi karena goresan antar penggalan mesin yang berbahan logam pasti mengakibatkan bunyi. Kalu oli masih sarat , bunyi itu tidak terdengar alasannya yakni oli ini akan melapisi gesekan komponen. Tapi bila olinya bocor, maka goresan antar komponen mesin akan terdengar cukup jelas.

    Beberapa unsur yang berbunyi kasar antara lain ;

    • Rаntаі tіmmіng
    • Pоrоѕ nоk
    • Rіng ріѕtоn


    Selain itu, suhu mesin juga menjadi lebih panas, karena ukiran antar logam itu juga akan menghasilkan panas sehingga panas mesin akan bertambah dengan lebih singkat.

    Biasanya bila telah separah ini, indikator oli mesin akan menyala.

    Itu tandanya anda mesti secepatnya menghentikan kendaraan dan mengecek kondisi oli mesin kendaraan beroda empat. Pasalnya jika tetap dipaksakan maka mesin bisa terkunci.

    keadaan ini muncul alasannya suhu mesin terlalu panas dan menciptakan piston memuai sehingga diameter piston menyamai diameter silinder, hasilnya piston akan terjebak dan tidak dapat bergerak didalam silinder atau lock.

    Untuk menghindarinya, anda mesti memutuskan metode pendinginan (kipas radiator) nyala. Kalau tidak, hentikan mobil dengan mesin masih hidup kemudian nyalakan AC pada suhu terdingin. Itu secara otomatis membangkitkan kipas radiator pada kecepatan tertingginya.

    Tidak disarankan untuk menyiram/mengusap mesin memakai air hambar. Karena dikala logam panas didinginkan, maka akan bikin struktur logam retak.

    3. Jіkа оlі bосоr kе kорlіng mаkа аkаn mеnіmbulkаn ѕеlір

    Kalau olinya bocor dari seal crankshaft belakang maka oli bisa mengarah ke kampas kopling. Sementara itu kampas kopling kendaraan beroda empat itu bersifat kering, artinya melaksanakan pekerjaan efektif tanpa lapisan oli.

    Apabila ada oli masuk ke kopling, maka permukaan kampas kopling menjadi lebih licin. Sehingga menyebabkan kopling selip. Saat kopling kendaraan beroda empat selip, maka mobil akan sukar dijalankan alasannya meski pedal kopling sudah dilepas full, mobil tetap tak maujalan.

    Untuk mengatasinya bagaimana ?

    Anda perlu membongkar kopling untuk membersihkan ceceran olinya, dan mengubah seal crankshaft. Pembersihan ini perlu dikerjakan alasannya oli intinya susah dikeringkan apalagi lokasinya tertutup didalam bak kopling.

    4.  Kаlаu оlі bосоr dіjаlаn, іtu mаmрu mеmbаhауаkаn реnggunа jаlаn lаіn

    Oli bersifat licin, bila oli yang licin ini bocor dijalan, itu mampu membahayakan pengguna jalan lain.

    Contohnya pada kendaraan sekelas bus atau truk yang mempunyai muatan berat. Kalau melintas di jalan yang ada ceceran olinya, maka roda truk tersebut bisa selip dikala melaksanakan pengereman.

    Dan bila kendaraan ini selip, juga bisa membahayakan pengguna jalan lainya lagi.

    Selain itu sepeda motor yang lazimnya suka bermanuver, dikala ban motor sudah halus berjumpa jalan yang ada ceceran olinya maka motor mampu kehilangan traksi kesannya terjatuh. Makara jangan sepelekan bocor oli ini.

    Apabila anda merasa ada yang abnormal pada bunyi mesin, ditambah ada indikator yang menyala didashboard maka jangan ragu untuk menepi dan mengusut keadaan mesin.

    Kоmроnеn Aра Sаjа Yаng Mеnуеbаbkаn Olі Mеѕіn Bосоr ?


    Komponen yang memiliki potensi membuat oli mesin bocor, yaitu unsur seal atau perapat antar belahan mesin contohnya seal crankshaft. Seal ini berfungsi merapatkan poros engkol yang beputar dengan blok silinder.

    Tapi bila keadaan seal sudah agak rusak, oli akan gampang sekali keluar alasannya yaitu saat mesin hidup tekanan oli meningkat.

    Selain seal crankshaft, letak kebocoran oli mesin lazimnya terjadi pada :

    • Sаmbungаn саrtеr/оіl раn dеngаn blоk ѕіlіndеr
    • Sаmbungаn соvеr tіmmіng сhаіn
    • Sаmbungаn соvеr hеаd суlndеr


    Lalu apa solusinya ? tinggal ganti saja dengan yang baru, lagi pula harga seal-seal ini cukup terjangkau dibandingkan komponen-komponen mesin yang lain. Proses penggantiannya pun tidak terlalu rumit sehingga tarifnyatidak terlalu mahal.
    David Sigalingging
    David Sigalingging Guru Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Seri Kuala Lobam.
    Post a Comment