3 Penyebab Aki Mobil Tidak Mengisi + Solusinya


    Aki yang wajar itu senantiasa memiliki tegangan 12 volt baik pada sewaktu mesin belum dinyalakan maupun dikala mesin sudah dinyalakan. Kalau kurang dari 12 volt maka bisa dikatakan aki kurang tegangan maka perlu di cas ulang.

    Namun, didalam mobil bahu-membahu sudah ada tata cara pengisian yang akan mengisi ulang aki secara otomatis. Tapi mengapa meski telah ada metode pengisiannya, aki tetap tidak mengisi ?

    Hari ini akan kita bahas secara rinci

    Fаkоr уаng mеnуеbаbkаn аkі tіdаk tеrіѕі


    Ada bagian bernama alternator atau orang menyebutnya dinamo ampere, dinamo ini akan membuat listrik dikala mesin hidup. Listrik yang dihasilkan dinamo ampere disalurkan ke aki untuk mengisi ulang daya aki.

    Tapi ada beberapa faktor yang menimbulkan listrik dari dinamo ampere tidak sampai mengisi aki.

    1. Kоndіѕі аіr аkі уаng tіdаk mеngаndung еlеkrоlіt

    Mengapa aki mampu menyimpan listrik ? itu alasannya ada reaksi kimia didalam aki yang melibatkan larutan asam sulfat dan plat Pb.

    Ketika proses pelepasan arus (ketika aki dipakai). Reaksi kimia tersebut akan memecah larutan asam sulfat didalam aki. Ketika aki diisi, maka larutan asam sulfat akan kembali terbentuk sehingga aki mempunyai listrik.

    Proses itu akan bertahan pada kurun tertentu saja, alasannya adalah usang kelamaan ion hidrogen dan zat sulfat akan terlepas sehingga hanya meninggalkan air murni didalam aki. Ketika cuma air yang terkandung pada air aki maka aki sudah tidak mampu diisi lagi atau dengan kata lain aki sudah soak.

    Untuk mengatasinya, anda sebenarnya cuma perlu merubah air aki dengan yang baru. Harga air aki ini pun cukup terjangka dari 5 ribu rupiah sampai 20 ribu rupiah. Tapi untuk aki MF, rasanya sukar alasannya aki didesain tertutup.

    Lebih lengkap 9 саrа mеngіѕі аіr аkі bеrаіr dеngаn gаmраng

    Sehingga jalan satu-satunya kita mesti mengubah satu unit aki.

    2. Adа kаѕuѕ раdа kаbеl-kаbеl аntаrа dіnаmо аmреrе dаn аkі

    Untuk kendaraan beroda empat yang sudah berumur, problem koneksi soket atau kabel-kabel sering muncul. Biasanya ada problem soket yang rapuh/berkarat sampai kabel-kabel yang mulai putus. Hal tersebut sudah pasti menjadikan dilema tata cara pengisian, sehingga meski akinya sehat aki tidak terisi karena tidak ada arus pengisian.

    3. Kеruѕаkаn dіnаmо аmреrе

    Masalah yang ketiga mampu disebabkan dari dinamo ampere itu sendiri. Sebagai unsur utama pengisian kendaraan beroda empat, dinamo ampere memiliki tugas yang cukup penting. Ada satu saja belahan yang eror maka metode pengisian kendaraan beroda empat akan mati sehingga aki akan terkuras hingga soak.

    Bagian dinamo yang ering eror yakni dibagian carbon brush yang berafiliasi dengan slip ring. Ketika carbon brush aus, maka koneksi keduanya menjadi lebih renggang sehingga arus pengisian akan terhambat.

    Selain itu, IC regulator yang ada pada dinamo ampere juga bisa mengalami dilema.

    Ciri – ciri dinamo ampere yang rusak antara lain ;

    • Akі mаѕіh ѕеhаt (bіѕа dіbuktіkаn mеlаluі іndіkаtоr аіr аkі уаng mаѕіh hіjаu аtаu аndа bаru ѕаjа mеngubаh аkі mоbі)
    • Awаlnуа kеndаrааn bеrоdа еmраt bіѕа dіhіduрkаn ѕесаrа nоrmаl tеtарі dаlаm реrjаlаnаn аkаn munсul duduk реrkаrа mіrір lаmрu rеduр, іndіkаtоr сеk еngіnе hіnggа іndіkаtоr аkі mеnуаlа
    • Kеtіkа kеndаrааn bеrоdа еmраt tеtар dіраkѕаkаn, mаkа mеѕіn аkаn mоgоk dаn tіdаk bіѕа dіhіduрkаn lаgі аlаѕаnnуа аkіnуа hаbіѕ
    Baca pula 5 реnуеbаb dіnаmо ѕtаrtеr mаtі

    Kalau dinamo ampere rusak, maka kebutuhan kelistrikan kendaraan beroda empat sepenuhnya ditanggung oleh aki. Sementara itu kita tahu sendiri kalau aki cuma bersifat penyimpan arus, jadi bila arus yang disimpan oleh aki habis otomatis busi akan mati, tata cara injeksi kendaraan beroda empat yang memakai listrik pun akan mati sehingga mesin kendaraan beroda empat mogok.

    Kalau sudah mogok, mesin tidak bisa dihidupkan alasannya yaitu akinya habis maka starter tidak bisa menyala. Didorong pun sama saja alasannya adalah injektor hingga busi itu perlu listrik. Jalan satu-satunya, dengan memperbaiki alternator.

    Makara sewaktu anda menyadari jikalau indikator aki menyala, secepatnya hentikan kendaraan beroda empat dan cek aki hingga dinamo alternatornya.
    David Sigalingging
    David Sigalingging Guru Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Seri Kuala Lobam.
    Post a Comment