Gejala kampas kopling mobil matic habis dan ciri-cirinya
David Sigalingging
3 min read
Namun, kampas kopling yang digunakan pada transmisi kendaraan beroda empat matic pastinya bertentangan dengan kampas kopling pada kendaraan beroda empat manual. Mobil matic memakai kampas kopling tipe berair dan berisikan banyak kampas kopling didalamnya.
Kampas kopling pada mobil matic ini juga bisa habis layaknya kampas kopling pada kendaraan beroda empat manual. Lantas apa saja tanda-tanda yang akan timbul kalau kampas kopling kendaraan beroda empat matic ini habis?
Nah, pada artikel kali ini, ombro akan mengembangkan info seputar duduk perkara kendaraan beroda empat ihwal tanda-tanda kampas kopling kendaraan beroda empat matic habis dan ciri-cirinya yang bisa kita ketahui, simak infonya dibawah berikut ini...
1. Pеrріndаhаn gіgі оtоmаtіѕnуа tеrаѕа kаѕаr
Gejala kampas kopling kendaraan beroda empat matic habis yang biasa pertama kali timbul ialah kondisi perpindahan gigi otomatisnya terasa berangasan dan kurang tenteram dikala dikendarai.
Pergeseran gigi transmsi otomatis dari gigi rendah ke gigi tinggi dan begitu juga sebaliknya, tidak lagi terasa halus dan lembut, disamping itu perpindahan gigi otomatisnya juga kerap dibarengi dengan respon akselerasi kendaraan beroda empat yang terasa lambat.
Gejala ini biasanya akan timbul alasannya proses terhubungnya gigi kendaraan beroda empat matic menjadi terusik selesai kampas kopling yang habis.
2. Munсul gеtаrаn dаn bunуі kаѕаr dаrі trаnѕmіѕі
Gejala kampas kopling kendaraan beroda empat matic habis berikutnya yakni hadirnya getaran dan bunyi garang dari transmisi matic dikala berkendara. Kampas kopling kendaraan beroda empat matic yang habis menimbulkan terjadinya tabrakan antara plat besi dengan plat besi di dalam transmisi matic.
Akibat gesekan antara plat besi didalam kopling kendaraan beroda empat matic ini, akan membuat munculnya getaran pada transmisi kendaraan beroda empat matic yang bisa merembet hingga ke bodi kendaraan beroda empat meskipun tidak terlampau besar getarannya. Selain itu, juga akan muncul bunyi agresif dari dalam transmisi matic menyerupai hadirnya bunyi "srek-srek" ataupun "kerrr-kerrr".
3. Munсul hеntаkаn dі ѕааt реrріndаhаn gіgі оtоmаtіѕ
Gejala kampas kopling kendaraan beroda empat matic habis yang berikutnya yakni hadirnya hentakan ketika perpindahan gigi otomatis. Hentakan yang timbul ini tentunya sangat tergantung dari unsur kopling matic yang mana yang habis.
Hentakan kadang timbul sewaktu terjadi perpindahan dari D ke L, atau sewaktu dari R ke P, atau bahkan hentakan terjadi di seluruh posisi perpindahan gigi matic.
Hentakan ini timbul akhir adanya slip pada kampas kopling yang keadaan seharusnya perpindahan gigi di transmisi sudah terjadi. Saat kondisi ini, terjadi perbedaan putaran yang sungguh besar antara input (dari mesin) dengan output (ke poros roda).
Oleh karena proses terhubungnya gigi transmisi menjadi telat, alhasil akan timbul hentakan secara datang-datang di saat gigi transmisi sudah benar-benar terhubung.
4. Mоbіl tеrаѕа tіdаk bеrtеnаgа
Gejala kampas kopling kendaraan beroda empat matic habis yang ke empat yaitu kendaraan beroda empat terasa tidak bertenaga. Saat kampas kopling kendaraan beroda empat matic habis, maka putaran dari mesin tidak mampu disalurkan dengan tepat sampai ke roda.
Ada sebagian tenaga dan kecepatan yang menyusut dengan sendirinya balasan kampas kopling kendaraan beroda empat matic ini habis. Istilahnya sering disebut loss. Bahkan, bila kerusakannya yang terjadi di kampas kopling telah teramat parah, kendaraan beroda empat bisa saja tidak mampu bergerak maju atau mundur meskipun tuas transmisi telah pada posisi berkendara.
5. Tuаѕ реrѕnеlіng tеrаѕа mіrір "nуаngkut"
Gejala kampas kopling mobil matic habis juga bisa ditandai dikala kita merasakan tuas persneling terasa seperti "nyangkut" ketika di geser-geser sesuai mode mengemudi.
Misalnya, dikala kita memindah tuas ke posisi D dan kita siap berkendara dengan pedal gas di tekan, mobil tidak inginbergerak walaupun rpm mesin sudah meningkat. Setelah tuas persneling di gerak-gerakan, barulah gigi transmisi terasa tesambung dan mobil gres bisa mulai bergerak.
Bаса jugа
- Pеnуеbаb реrѕnеlіng kеndаrааn bеrоdа еmраt kеrаѕ
- Pеnуеbаb tаrіkаn mоbіl tеrаѕа bеrаt
- Pеnуеbаb kеndаrааn bеrоdа еmраt bеrgеtаr dіkаlа rрm rеndаh
6. Tіdаk kuаt mеnаnjаk
Gejala kampas kopling kendaraan beroda empat matic habis yang selanjutnya adalah kendaraan beroda empat menjadi tidak besar lengan berkuasa menanjak. Ya, kondisi ini kerap timbul balasan putaran mesin sudah tidak lagi seratus persen dialihkan oleh transmisi menjadi tenaga untuk mendorong kendaraan beroda empat.
Tenaga mesin kerap terbuang balasan slip dan panas sehingga putara mesin tidak dapat lagi memutar transmisi untuk mendorong mobil mudah-mudahan bisa melalui jalan menanjak.
7. Kоnѕumѕі mаtеrі bаkаr lеbіh bоrоѕ
Konsumsi materi bakar lebih boros juga dapat menjadi tanda dan tanda-tanda dari kampas kopling kendaraan beroda empat matic habis. Kondisi ini biasanya tanggapan pengemudi yang menekan pedal gas lebih dalam akhir gerakan kendaraan beroda empat tidak sesuai dengan impian yang dibutuhkan.
Menekan pedal gas lebih dalam pastinya akan berakibat pada peningkatan tingkat konsumsi bahan bakar sehingga kendaraan beroda empat menjadi lebih boros.
8. Olі mаtіс bеrubаh wаrnа mеnjаdі kеruh dаn kеhіtаmаn
Gejala kampas kopling mobil matic habis yang terakhir ombro pahami adalah dikala oli matic cepat berganti warna menjadi keruh dan kehitaman. Normalnya, oli matic bekas dengan penggunaan masuk akal akan tetap berwarna jernih tetapi dengan warna sedikit lebih gelap (tidak hitam).
Saat kampas kopling kendaraan beroda empat matic habis, maka warna oli matic akan bermetamorfosis keruh (mirip ada serbuk) serta berwarna gelap (mendekati kehitam--hitaman) simpulan tercampur residu kampas kopling yang gosong.
Demikianlah artikel tentang tanda-tanda kampas kopling kendaraan beroda empat matic habis yang mampu ombro sampaikan, supaya bisa memiliki kegunaan.
Artikel ini diarsipkan pada klasifikasi : Mаѕаlаh-Mоbіl
Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.