Berapa Torsi baut mesin 14B Toyota Dyna Rino 115ps : Lihat Tabel


    Torsi baut mesin 14B Toyota Dyna Rino 115ps - Tabel

    Torsi baut mesin 14B Toyota - Mesin Toyota yang satu ini memiliki tipe direct-injection (diesel injeksi langsung) yang dipasangkan pada truk Dyna Rino. Dengan kapasitas 3,7 liter, OHV, empat silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 97 hp (71,6 kW) pada 3350rpm dan torsi sebesar 177 lb·fts (240 N·m) pada 1.800 rpm.

    Dengan melakukan beberapa penelusuran yang Pak Galingging lakukan terkait Toyota Dyna, kami menemukan bahwa Toyota Dyna ini memiliki banyak variasi mesin dengan variasi kode yang berbeda-beda. Akan tetapi secara umum, ada dua tipe mesin yang digunakan pada Toyota Dyna yaitu mesin W04D dan 14B.

    Toyota Dyna Rino memiliki Mesin 14B digunakan pada dapur pacunya, dimana truck ini diproduksi sampai tahun 2002, sedangkan mesin W04D digunakan hingga kini pada Toyota Dyna terbaru. Sementara Mesin W04D ini juga ada digunakan pada kendaraan truk Hino Dutro.

    Untuk itu artikel kali ini, kami akan sharing informasi penting terkait tabel torsi baut mesin 14B untuk Toyota Dyna Rino 115ps. Info tabel torsi ini bersumber dari Buku Pedoman Reparasi 14B Toyota edisi aug 1988 dengan kode pub no. RM132E. Tetapi, kami hanya mengambil beberapa bagian torsi yang penting-penting saja misalnya torsi untuk silinder head, metal duduk, metal jalan, dan crankshaft. Lihat tabel ukuran dan torsi baut mesin 14B Toyota Dyna dibawah ini.

    Torsi baut mesin 14B Toyota Dyna Rino 115ps

    ITEM /KOMPONENTorque (kgf.cm)
    TORSI CYLINDER HEAD (SILINDER KEPALA)
    Cylinder head bolt (baut silinder head / silinder kepala)500 + 90° + 90°
    Rocker cover bolt (baut rocker cover / tutup silinder kepala)105 kgf.cm2
    Valve rocker support bolt (baut valve rocker shaft assembly)250 kgf.cm2
    TORSI PISTON DAN CONNECTING ROD
    Connecting rod bearing nut (mur metal jalan)700 + 90°
    TORSI CRANKSHAFT DAN SILINDER BLOK
    Rear engine oil seal retainer bolt B185 kgf.cm2
    Flywheel bolt (baut flywheel / roda gila)1800 kgf.cm2
    Crankshaft dumper pulley bolt (baut puli crankshaft)3000 kgf.cm2
    Main bearing cap bolt (baut metal duduk)2000 kgf.cm2
    Valve lifter bolt A75 kgf.cm2
    Valve lifter bolt B375 kgf.cm2
    TORSI TIMING GEAR DAN OIL PUMP
    Oil nozzle and check valve350 kgf.cm2
    Camshaft timing gear bolt (baut gear camshaft)375 kgf.cm2
    Camshaft thrust plate bolt (baut thrust plate camshaft)185 kgf.cm2
    Timing gear cover bolt A375 kgf.cm2
    Timing gear cover bolt B dan C185 kgf.cm2
    Idle gear shaft union bolt (baut shaft idle gear)110 kgf.cm2
    Idle gear holder bolt (baut plat holder idle gear) - thrust plate475 kgf.cm2
    Drain plug (baut pembuangan oli)350 kgf.cm2
    Oilpump (timing gear case) 12mm Bolt (C)185 kgf.cm2
    Oilpump (timing gear case) 14mm Bolt (A,B)375 kgf.cm2
    Oil pipe union bolt500 kgf.cm2
    Relief valve plug500 kgf.cm2
    Oil pan (20 bolts + 4 nuts)185 kgf.cm2
    Strainer oil sub assy (baut saringan oil strainer)185 kgf.cm2
    TORSI INJECTION PUMP DAN NOZZLE
    Nozzle pipe nut (mur pipa nozzle)250 kgf.cm2
    Nozzle leakage pipe Union Bolt (baut union pipa pengembali bahan bakar)250 kgf.cm2
    Union Nut injection nozzle pipe (mur union pipa nozzle)185 kgf.cm2
    Injection pump assy nut (mur pompa injeksi)185 kgf.cm2
    Injection pump flange185 kgf.cm2
    Bolt fuel inlet pipe250 kgf.cm2
    TORSI WATERPUMP DAN COOLING FAN
    Water pump assy (baut waterpump)250 kgf.cm2
    Water outlet pipe assembly bolt (baut pipa autlet air)185 kgf.cm2
    TORSI EXHAUST MANIFOLD DAN INTAKE MANIFOLD
    Heat insulator (baut plat penahan panas exhaust)185 kgf.cm2
    Intake heater / intake flange185 kgf.cm2
    Baut dan Mur exhaust manifold475 kgf.cm2
    Baut dan mur Intake Manifold185 kgf.cm2
    Torsi baut mesin 14B Toyota

    Catatan: Pada tabel diatas nilai torsi menggunakan satuan kgf.cm2 (kilogram force centimeter), Anda harus memperhatikan penggunaan satuan yang digunakan pada kunci torsi dan menyesuaikannya dengan nilai tabel sebelum pengencangan.

    Pak Galingging  sudah memeriksa dengan seksama Tabel torsi diatas merupakan rangkuman yang sudah fix. Dalam menghindari kesalahan dalam bekerja, sebaiknya anda tetap mengikuti buku panduan service manual resmi yang diterbitkan sesuai dengan model dan tipe mesin yang sedang anda kerjakan.

    Uraian pada artikel tentang tabel torsi baut mesin 14B Toyota Dyna Rino yang bisa Pak Galingging bagikan, semoga dapat membantu pembaca sekalian dalam mengatasi mesin 14B Toyota.

    David Sigalingging
    David Sigalingging Guru Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Seri Kuala Lobam.
    Post a Comment