Soal + Jawaban Sistem Roda dan Ban Sepeda Motor



    1. Jenis ban yang tidak menggunakan ban dalam disebut….

    a. with tube

    b. tubeless

    c.  tyre

    d. carcass

    e. michelin

    2. Meredam kejutan secara simultan/terus menerus merupakan fungsi dari….

    a. roda

    b. ban

    c. velg

    d. rantai

    e. ruji

    3. Ban yang lebih kuat, lebih stabil, bias menghemat bensin, tetapi harganya relative lebih mahal merupakan jenis ban….

    a. balap

    b. touring

    c. modifikasi

    d. radial

    e. With tube

    4. Sifat roda yang dibutuhkan pada sepeda motor yaitu....

    a. Kuat, Kaku, Ringan

    b. Kuat, Lentur, Ringan

    c. Kuat, Lentur , Berat

    d. Elastis, Kaku, Ringan

    e. Elastis, Lentur, Berat

    5. Ada 3 bagian roda pada sepeda motor, yaitu ....

    a. Hub roda, gear roda, dan pelek roda

    b. Jari-jari roda, pelek roda, dan ban

    c. Hub roda, pelek roda, dan ban

    d. Hub roda, ban dalam, ban luar

    e. Hub roda, ban dalam, dan pelek roda

    6. Hub dan pelek roda pada sepeda motor dihubungkan oleh....

    a. Jari-jari

    b. Poros

    c. Rantai

    d. Bodi

    e. Plat tambahan

    7. Design roda/pelek tergantung dari tipe...

    a. Struktur, material dan biaya produksi

    b. Pesanan, material dan biaya

    c. Struktur, material dan trend

    d. Struktur, material dan metode pembuatan

    e. Struktur, material dan bahan pembuatan

    Untuk soal no 10-12 perhatikan gambar di bawah ini!


    8. Komponen no 1 pada gambar diatas yaitu...

    a. Pelek

    b. Jari-jari

    c. Tromol

    d. Roda

    e. Ban

    9. Komponen no 2 pada gambar diatas yaitu....

    a. Pelek

    b. Jari-jari

    c. Tromol

    d. Roda

    e. Ban

    10. Komponen no 3 pada gambar diatas yaitu...

    a. Pelek

    b. Jari-jari

    c. Tromol

    d. Roda

    e. Ban

    11. Tipe roda yang paling sering digunakan pada sepeda motor saat ini adalah...

    a. Tipe roda jari-jari

    b. Tipe roda dari composit

    c.  Tipe roda dari paduan tuang

    d. Roda tipe khusus

    e. Tipe roda dari paduan alumunium

    12. Bagian ban area luar terbuat dari bahan.......karena bersentuhan langsung dengan tanah/aspal.

    a. Karet yang lembut

    b. Busa yang keras

    c. Karet yang kasar

    d. Karet yang keras

    e. Fiberglass

    13. Bagian luar ban disebut...

    a. Breaker

    b. Carcas

    c. Tread

    d. Layer

    e. Hub

    14. Lapisan bagian dalam ban disebut..

    a. Breaker

    b. Carcas

    c. Tread

    d. Layer

    e. Jawaban A,B,C benar

    15. Memiliki ciri-ciri lebih kuat, lebih stabil, tetapi harganya relatif lebih mahal. Ini adalah ban jenis...

    a. Radial

    b. Biasa

    c.  Tubeless

    d. Cadangan

    e. Composit

    16. Kode ban memberikan informasi tentang.........dan.......dari ban

    a. Ciri-ciri khusus, kerataan

    b. Kelayakan, kerataan

    c. Ciri-ciri umum, kerataan

    d. Ciri-ciri umum, kelayakan

    e. Kestabilan, keausan

    17. Kode “4PR” pada ban menjelaskan bahwa....

    a. Jumlah lapisan

    b. Tebal lapisan

    c.  Lebar lapisan

    d. kekuatan

    e. Kecepatan

    18. Rolling resistance/ban yang kempes menjadikan mobil melaju...

    a. Lebih berat

    b. Lebih ringan

    c.  Lebih cepat

    d. Tidak seimbang

    e. Berat sebelah

    19. Kelebihan ban tubeless dibandingkan ban biasa adalah.....

    a. Memiliki ban dalam dan bersifat statis

    b. Tanpa ban dalam dan bersifat elastis

    c. Tidak memerlukan banyak tekanan angin

    d. Tidak akan pernah bocor

    e. Tidak akan aus

    20. Alat pengukur tekanan angin pada ban yaitu....

    a. Dial gauge

    b. Micrometer

    c. Tyre gauge

    d. Compresion tester

    e. Feeler gauge

    21. Jarak main bebas rantai roda pada pemeriksaan rantai roda adalah … mm

    a. 15 - 20

    b. 20 - 35

    c.  25 – 35

    d. 35 - 45

    e. 45 - 50

    22. Untuk mengencangkan mur selongsong roda belakang sesuai dengan torsi yang ditentukan adalah sebesar … kg-m

    a. 3,5

    b. 4,5

    c. 5,0

    d. 5,5

    e. 6,5

    23. Pada tahap penyetelan anda dapat melumasi rantai roda dengan dengan ….

    a. oli bekas

    b. spiritus

    c. bensin

    d. minyak pelumas transmisi

    e. Minyak tanah

    24. Istilah untuk perubahan bentuk perbaikan rantai adalah ….

    a. deformasi

    b. transformasi

    c. denominasi

    d. evolusi

    e. revolusi

    25. Jarak main bebas rantai roda yang berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan pada bagian ….

    a. roda

    b. mesin

    c. rangka

    d. starter

    e. Ban dan roda

    26. Salah satu larangan adalah untuk tidak memasang rantai roda baru pada ….

    a. sproket yang baru

    b. sproket yang telah aus

    c. Sproket yang lama dipakai

    d. sproket

    e. Sproket yang masih bagus

    27. Menyetel tegangan rantai roda dapat dilakukan dengan menggunakan  ….

    a. baut

    b. bor

    c. mur

    d. obeng

    e. kunci

    28. Rantai roda dan sprocket, setelah dilakukan perbaikan harus dalam kondisi yang ….

    a. baru

    b. baik

    c. awet

    d. aus

    e. mahal

    29. Jika terdapat kelebihan minyak pelumas yang digunakan untuk melumasi rantai roda, maka yang seharusnya dilakukan adalah ….

    a. membuangnya

    b. membiarkannya

    c. menyikatnya

    d. mengambil  kembali

    e. membersihkannya

    30. Jika rantai roda menjadi kotor sekali, rantai roda harus segera ….

    a. diperiksa

    b. Dibongkar kemudian dilumasi

    c. Disikat atau dicuci

    d. diperiksa kemudian dicuci

    e. Dibuka dan dibersihkan sebelum dilumasi

    Jawaban ( Jawaban ini adalah versi penulis)

    1. B

    2. B

    3. D

    4. A

    5. C

    6. A

    7. D

    8. A

    9. B

    10. C

    11. A

    12. D

    13. C

    14. A

    15. A

    16. C

    17. A

    18. A

    19. B

    20. C

    21. C

    22. B

    23. D

    24. A

    25. C

    26. B

    27. E

    28. B

    29. C

    30. E

    Post a Comment