Cara Reset Manual Mio J


    Cara Reset Manual Mio J


    Cara Reset Manual Mio J

    Pernah mengalami lampu MIL berkedip-kedip tidak henti? Lampu MIL (Mulfunction Indicator Lamp) merupakan kode kerusakan yang terjadi pada sensor motor mio injeksi. Kode ini dibuat dalam bentuk kedipan lampu. Setiap kedipan memilik arti dan jumlah hitungan.


    Kedipan panjang biasanya 1,3 detik diartikan sebagai sepuluh hitungan dan kedipan pendek biasanya 0,3 detik diartikan sebagai satu detik. Contohnya satu kedipan panjang dan dua kedipan pendek, berarti 12 hitungan. Karena satu kedipan panjang dihitung sepuluh ditambah dua kedipan pendek dihitung dua sama dengan dua belas (kode 12). Pak Galingging pernah melepas kabel speedometer dan membawa jalan motor. Lampu MIL segera berkedip sebanyak 4 panjang dan 2 pendek atau kode 42.

    Langkah Reset manual mio J

    Lalu bagaimana mereset lampu itu setelah kabel speedometer terpasang baik dan lampu MIL masih terus berkedip-kedip? Ikuti langkah ini :

    1. Pastikan kunci kontak OFF

    Kunci kontak yang off akan memutus aliran tegangan baterai masuk ke sistem engine. Pada tahap ini kita tidak memerlukan tegangan ada di sistem Engine management.

    2. Pastikan semua sensor sudah terpasang dengan baik

    Apabila terdapat sensor yang dilepas sebelumnya atau jika sensor rusak sudah diganti dengan yang bagus. Hal ini penting untuk kelancaran cara reset manual Mio J berhasil.

    3. Buka jok untuk melihat kabel reset dekat baterai.

    Jok kemudian dibuka untuk melihat kabel reset manual mio J. Kabel reset ini dilindungi dengan pengaman terbuat dari karet dan berwarwa bening.

    4. Lepaskan terminal/kabel reset manual

    Disamping baterai atau dua bungkusan, yang besar kabel merah adalah fuse lalu yang kecil kabel putih atau hijau adalah kabel reset sistem injeksi.


    5. Pisahkan hubungan kedua bagian kabel

    Putuskan/pisahkan kabel kecil putih atau hijau tadi dari bungkusnya. Bentuk dari skun ini bulat baik itu yang jantan ataupu yang betina.

    6. Lalu putar kunci kontak ke ON selama 10 detik.

    Pada langkah ini kita memerlukan aliran teganga baterai masuk ke ECU agar aktif. Ketika ia aktif dan mendeteksi kabel reset manual ini tidak terhubung, perintah hapus data error akan dilakukan.

    7. Kemudian kembalikan kunci kontak ke OFF.

    Jika waktu 10 detik telah tercapai, saatnya meng-OFF-kan kembali kunci kontak. 

    8. Pasang kembali kabel kecil putih atau hijau

    Kabel reset manual yang dilepas tadi bisa anda pasang atau hubugkan kembali kedalam bungkusanya.

    9. Reset manual selesai.

    Jika semua proses telah diikuti dengan benar, saya yakin kode kedip lampu MIL akan hilang, menandakan reset manual Mio j berhasil.

    Catatan :

    Lakukan ini dengan resiko pembaca blog Pak Galingging sendiri. Jangan menyalahkan Pak Galingging jika terjadi hal lain yang tidak baik. Jika tidak mau mengambil resiko ini, bawa kendaraan pembaca blog Pak Galingging ke bengkel resmi.

    Tabel ini adalah tabel Kode kerusakan sensor Yamaha Mio J. Semoga membantu pembaca blog Pak Galingging dalam mencari gangguan pada kendaaan pembaca blog Pak Galingging.

    Kode kesalahan

    Gejala

    Kemungkinan penyebab kerusakan

    Nomor kode diagnostic

    12

    Tidak ada sinyal normal yang diterima dari crankshaft position sensor

    -       Rangkaian kabel rusak atau terdeteksi hubungan pendek

    -       Crankshaft position sensor rusak

    -       Pulse coil rotor rusak

    -       Connector sensor tidak terpasang sempurna

    -

    13

    Rangkaian sensor tekanan udara masuk rusak atau ada hubungan pendek

    -       Kabel putus atau terdeteksi ada hubungan pendek

    -       Intake air pressure sensor rusak

    -       Connector sensor tidak terpasang sempurna

    D03

    14

    Sistem tekanan udara masuk rusak

    Intake air pressure sensor tersumbat

    D03

    15

    Rangkaian throttle position sensor rusak atau ada hubungan pendek

    -       Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek

    -       Throttle position sensor rusak

    -       Connector sensor tidak terpasang sempurna

    D01

    16

    Trottle position sensor macet

    -       Throttle position sensor macet

    -       Throttle position sensor rusak

    D01

    22

    Rangkaian sensor temperature udara masuk rusak atau ada hubungan pendek

    -       Kabel putus atau terdeteksi ada hubungan pendek/ short circuit

    -       Intake air pressure sensor rusak

    -       Connector sensor tidak terpasang sempurna

    D05

    24

    Sinyal dari sensor oksigen tidak normal

    -       Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi hubungan pendek.

    -       Sensor  oksigen rusak

    -       Connector sensor tidak terpasang sempurna

    -

    28

    Sensor  termperatur mesin rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek

    -       Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi ada hubungan pendei

    -       Engine temperature sensor rusak

    -       Connector sensor tidak terpasang dengan sempurna

    D11

    30

    Kendaraan terbalik

    -       Kendaraan habis terbalik

    D8

    33

    Rangkaian ignition coil primary coil rusak

    -       Rangkaian kabel terputus

    -       Ignition coul rusak

    -       Connector primary coil tidak terpasang sempurna

    D30

    37

    ISC (idling speed control valve) macet atau posisi terbuka penuh

    -       Handel gas/throttle valve rusak

    -       Kabel handel gas/kabel gas rusak

    -       ISC macet atau lepas

    D54

    39

    Rangkaian fuel injector rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek

    -       Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi hubungan pendek

    -       Fuel injection rusak

    -       Connector fuel injector tidak terpasang sempurna

    D36

    41

    Rangkaian lean angle sensor rusak atau ada hubungan pendek

    -       Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek

    -       Lean angle sensor rusak

    -       Connector lean angle sensor tidak terpasang

    D08

    42

    Sinyal dari speed sensor tidak normal

    -       Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi ada hubungan pendek.

    -       Speed sensor rusak

    -       Connector speed sensor tidak terpasang baik

    D07

    44

    Pemasukan dan pempacaan EEPROM error

    -       ECU rusak (penyetelan kerapatan CO dan penyetelan bukaan handle gas tidak tepat pada pembacaan dan penulisan memory)

    D60

    46

    Sistem power supply pada FI tidak normal (kabel merah)

    -       Sistem charging tidak sempurna

    -

    50

    Memory ECU rusak (error code tidak terdisplai pada speedometer jika ECU rusak)

    -       ECU rusak (tepatnya pembacaan atau pemsukan memory)

    -

    61

    Rangkaian ISC rusak atau ada hubungan pendek

    -       Rangkaian unit kabel rusak atau terdeteksi ada hubugna pendek

    -       Connector isc tidak terpasang sempurna.

    D54


    Ditulis oleh David Sigalingging, S.Pd
    David Sigalingging
    David Sigalingging Guru Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Seri Kuala Lobam.
    Post a Comment