Terjemahkan kode ban mobil anda, mudah!

Jika anda membeli sebuah ban baru, dapat kah anda menerjemahkan kode yang ada di bagian sisi ban (side wall). Contoh seperti pada gambar diatas LT235/85R16 D 114/111Q M+S. Sungguh kode yang ribet untuk diterjemahkan oleh khalayak.
Saya akan menterjemahkan kode tersebut untuk anda, antara lain
1. LT
"LT" artinya Light Truck (Truk beban Ringan), boleh dikatakan bahwa ban ini diperuntukkan bagi kenderaan dengan beban rendan, seperti L300, Futura, Suzuki APV, dan kenderaan sejenis lainya. Ada beberapa kode lainnya, antara lain "P" artinya Passanger adalah ban untuk kenderaan penumpang, "T" artinya Temporary adalah ban serap, "LL" artinya Light Load adalah ban dengan tekanan angin maksimal 35 psi, "ST" artinya Special trailer adalah ban untuk trailer, "XL" artinya Extra Load adalah ban untuk bus penumpang dengan beban ekstra.
2. 235/85
"235" adalah ukuran lebar ban yang diukur dari sisi kiri ke sis kanan dengan satuan millimeter (mm), jadi lebar ban adalah 235 mm. Sementara 85 adalah perbandingan tinggi ban, 85 % dari lebar ban. Jika kita hitung berarti tinggi ban adalah 235 mm x 85% adalah 200 mm.
3. R
"R" artinya Radial, kode ini menunjukan bentuk anyaman dari benang ban (Ply) disusun lurus terhadap bead.
4. 16
"16" artinya diameter rim adalah 16 inchi.
5. D
"D" artinya load range ban (Load Range) dengan 8 plies.
6. 114/111 Q
"114/111" adalah Load index, kode 114 beban maksimal adalah 1.180 kg. Sedangkan "Q" adalah kode kecepatan maksimal yang dapat digunakan ban 160 km/h.
7. M + S
"M" artinya mud, "S" artinya Snow. Ban ini dapat digunakan dijalan yang berlumpur dan salju.

Kode tersebut kita gunakan sebagai pertimbangan ketika mengganti ban yang sesuai dengan lebar dan diameter RIM dari velg yang kita punya. Mudah-mudahan postingan ini dapat membantu para pembaca sekalian.

-David Sigalingging, S.Pd-

Post a Comment for "Terjemahkan kode ban mobil anda, mudah!"