Suspensi Macpherson – Pengertian, Komponen dan Cara Kerja

Salah satu jenis tata cara suspensi yaitu suspensi macpherson. Tipe ini terbilang paling banyak digunakan pada kendaraan beroda empat sebab mempunyai banyak keunggulan.

Beberapa keunggulan tata cara suspensi macpherson antara lain ;

  • Mеmіlіkі dеѕаіn уаng ѕіmрlе
  • Tіdаk tеrlаlu mеnуаntар bаnуаk ruаng
  • Nуаmаn lаntаrаn tеrgоlоng іndереndеnt ѕuѕреnѕіоn


Lalu, bagaimana cara kerja suspensi macpherson dan apa saja komponen pada suspensi macpherson ? mari kita kupas secara mendalam.

Pеngеrtіаn Suѕреnѕі Mасрhеrѕоn Strut


Suspensi macpherson strut yakni suatu prosedur suspensi yang ditemukan oleh seorang engineer Earle S Macpherson pada tahun 1946.

Tipe suspensi ini didapatkan pasca perang dunia 2. Dimana di saat itu mobil berskala kecil mulai diproduksi untuk dijual secara masif. Sehingga, perlu dijalankan rancangan ulang untuk beberapa komponennya seperti pada metode suspensi. Mobil pertama yang memakai tata cara suspensi macpherson ialah Chevrolet Cadet pada tahun 1946.

Desain suspensi macpherson strut memang sangat simple dibandingkan tipe double wishbone selaku metode suspensi independen yang digunakan dikala itu. Karena hanya menggunakan satu lengan ayun jadinya tidak mengkonsumsi banyak ruang. Sehingga sampai kini tipe macpherson digunakan untuk suspensi depan semua kendaraan beroda empat ringan (MPV, Hatcback, Sedan, SUV).

Kоnѕtrukѕі dаn Kоmроnеn Suѕреnѕі Mасрhеrѕоn Strut


Desain suspensi macpherson bisa anda lihat pada gambar dibawah.


Nama serpihan suspensi macpherson strut beserta fungsi ;

1. Pеgаѕ

Fungsi pegas yakni untuk menyerap getaran atau gerakan vertikal roda keatas secara tiba-tiba. Pegas melaksanakan pekerjaan dengan mempergunakan daya elastisitas pada logam pembentuk pegas tersebut. Hal itu memungkinkan tinggi pegas bisa berubah-ubah sesuai beban yang diterima. Umumnya, tipe pegas yang digunakan pada tipe macpherson yakni tipe pegas coil.

2. Shосk аbѕоrbеr

Shock absorber berfungsi untuk menyerap shocking atau kejutan yang dihasilkan dari imbas elastisitas pegas. Hal ini dikarenakan dikala pegas depresi oleh roda ke arah atas, pegas akan mengerut namun sesaat kemudian pegas akan menawarkan daya balik balasan dari daya elastisitas ini (lentur = pegas memberi daya untuk kembali ke bentuk asal setelah depresi).

Akibatnya, body kendaraan beroda empat akan berguncang atau rolling sehingga akan menjadikan rasa tidak nyaman hingga sakit kepala. Disini shock absorber berperan untuk membatasi daya balik pegas untuk menghalangi goncangan andal.

3. Uрреr bеаrіng

Upper bearing merupakan alas karet yang terdapat pada ujung shock absorber yang terhubung ke body. Pada suspensi depan tipe macpherson, shock absorber terhubung ke knuckle arm dimana knuckle arm ini akan berubah sudutnya mengikuti sudut roda depan.

Akibatnya, di saat roda belok maka shock absorber pun akan sedikit berputar. Disinilah upper bearing berperan selaku ganjal yang membatasi antara body kendaraan dengan ujung shock absorber.

4. Lоwеr аrm

Lower arm berfungsi selaku lengan pengayun roda. Lengan ini menghubungkan antara body dengan bab roda, dimana terdapat engsel pada ujung lower arm yang terhubung ke body. Hal itu memungkinkan roda mengayun untuk bergerak secara vertikal.

5. Bаll jоіnt


Ball joint berfungsi selaku engsel 360 derajat, dimana pada engsel ini memungkinkan roda bergerak ke sudut manapun. Ball joint dimaksudkan supaya roda mampu membelok ke kanan dan kiri serta bergerak secara melebar ketika imbas suspensi terjadi.

Ball joint melakukan pekerjaan dengan memanfaatkan suatu ball bearing yang diletakan didalam suatu frame bulat. Ball bearing tersebut, dihubungkan dalam suatu rod sehingga bisa diputar pada sudut manapun.

6. Stаbіlіzеr kаfеtаrіа

Stabilizer kafetaria yakni bagian berbahan logam lentur yang lebih kaku, yang menghubungkan kedua serpihan roda ke body. Fungsinya, untuk mempertahankan kestabilan kendaraan di saat berbelok.

Stabilizer kafe melakukan pekerjaan dengan membatasi limit perbedaan ketinggian roda kanan dan kiri, sehingga body kendaraan beroda empat tidak terlalu miring.

7. Strut kаfе

Strut kafe berfungsi menghubungkan ujung stabilizer kafetaria yang mempunyai sudut peletakan tetap, dengan tabung shock absorber yang terhubung ke bab roda. Strut kafetaria akan memungkinkan roda bisa berbelok dengan gampang tanpa terganggu kehadiran stabilizer kafetaria.

Hal ini dikarenakan di saat roda mobil belok, maka tabung shock absorber akan sedikit berputar. Kalau tidak ada strut kafetaria, maka gerakan roda kendaraan beroda empat akan terhambat oleh stabilizer kafe. Namun, karena ada strut kafetaria yang mempunyai dua ball joint maka antara pergerakan roda dan kinerja stabilizer kafe bisa berlangsung efektif pada sudut berapapun.

8. knuсklе аrm

Knuckle arm berfungsi selaku kawasan meletakan banyak sekali cuilan pada penggalan roda. Pada knuckle arm, terdapat beberapa spot untuk meletakan bearing roda, shock absorber, lower arm, dan tie rod end.

Cаrа Kеrjа Suѕреnѕі Mасрhеrѕоn Strut


Ketika roda kendaraan beroda empat melintasi tanggul, maka roda kendaraan beroda empat akan terdorong vertikal keatas secara tiba-datang. Disini, lower arm akan mengayunkan roda kendaraan beroda empat secara vertikal sehingga body mobil tidak ikutan bergerak keatas.

Disisi lain, satu unit shock absorber dan pegas coil akan menahan gaya vertikal roda. Namun alasannya adalah unit ini mempunyai daya elastisitas, maka gerakan vertikal tersebut justru akan memendekan panjang shock absorber. Disinilah proses penyerapan getaran terjadi.

Demikian postingan singkat tentang pengertian dan cara kerja suspensi macpherson, agar bisa memperbesar wawasan kita semua.

Post a Comment for "Suspensi Macpherson – Pengertian, Komponen dan Cara Kerja"