Rem Mobil Amblas, Cek 3 Penyebab Berikut Solusinya
David Sigalingging
3 min read
Karena rem itu masuk ke perangkat keamanan aktif kendaraan beroda empat maka problem sekecil apapun pada tata cara rem perlu kita perbaiki.
Lantas, untuk dilema rem amblas. Kira-kira apa penyebabnya dan bagaimana cara memperbaikinya ?
Tаndа Rеm Mоbіl Amblаѕ
Rem yang masuk akal , dikala diinjak akan sedikit berat dan ketika pedal ditahan pedal tersebut tidak amblas. Tapi bila pas ditahan pedal rem berangsur amblas atau turun kebawah, kemungkinan ada tiga penyebab.
1. Efеk dаrі mеtоdе ABS kеndаrааn bеrоdа еmраt
Kalau anda mengalami rem amblas mirip kondisi diatas dikala kendaraan beroda empat belum bergerak, maka bisa jadi itu ialah efek dari sistem ABS.
ABS itu gunanya untuk menghalangi roda selip, cara kerjanya dengan memakai pompa untuk menekan minyak rem. Makara meski kita injak pedal rem, secara tidak langsung kita tidak menekan minyak rem ke kaliper, melainkan melalui pompa ABS terlebih dulu.
Beberapa kendaraan beroda empat mempunyai metode dimana pompa akan me-release tekanan pada pedal rem bila kendaraan beroda empat belum bergerak. Anda juga akan mendengar bunyi pompa ABS dikala pedal rem diinjak.
Secara biasa , ini wajar selama cuma terjadi disaat mobil belum bergerak. Kalau kendaraan beroda empat sudah berlangsung dan rem tetap amblas maka ada dilema pada tata cara rem kendaraan beroda empat anda.
2. Mаѕuk аngіn
Masuk angin yakni keadaan dimana ada gelembung udara masuk ke dalam tata cara hidrolis rem, gelembung udara ini akan menimbulkan rem ngempos atau amblas.
Hal itu dikarenakan sifat udara mampu dikompresi (molekulnya fleksibel) sehingga dikala tekanan minyak rem naik, tekanan hidrolis itu akan diserap oleh udara didalam terusan hidrolis sehingga hingga pada kaliper rem tidak ada tekanan hidrolis.
Masuk angin ini bisa terjadi tanggapan volume minyak rem didalam reservoir sangat rendah, dan itu yang paling lazim terjadi. Meskipun terakhir kali anda cek masih sarat , volume minyak rem akan turun seiring makin tipisnya kampas rem.
Makara jika volume minyak rem minim, ditambah kadang posisi mobil miring, maka ada kesempatanudara masuk ke lubang inlet master rem. Sehingga masuk angin bisa terjadi.
Solusinya cukup mudah, yakni dengan bleeding. Caranya anda kocok (tekan/release secara bolak-balik) pedal rem hingga terasa berat kemudian buka bledder niple (pada kaliper) dengan segera memakai kunci ring 12/10. Nanti anda akan menyaksikan gelembung udara keluar dari niple itu, kerjakan kembali hingga tidak ada gelembung yang keluar.
Ingat juga, untuk senantiasa menjaga volume minyak rem selama proses bleeding. Artinya dikala anda bleeding rem, minyak rem jangan sampai minim.
Tapi bagaimana bila di saat bleeding, tidak ada gelembung yang keluar ? maka kemungkinan duduk masalah rem amblsa itu disebabkan oleh penyebab yang terakhir ini.
3. Mаѕtеr rеm ruѕаk
Master rem yaitu input hidrolik yang berfungsi mengganti dorongan (energi mekanik) dari pedal rem menjadi tekanan hidrolik. Kalau master rem rusak, otomatis tekanan hidrolik yang dibuat menjadi lebih kecil sehingga akan menjadikan problem mirip rem ngempos atau amblas.
іmg : уоtаtесh.соm
Cara kerja master rem dengan memanfaatkan piston didalam tabung silinder, jadi piston terhubung ke pedal rem, dan di saat pedal rem ditekan piston akan terdorong dan mendorong minyak rem yang ada didalam tabung silinder sehingga tekanan minyak rem bisa naik.
Ada satu cuilan bernama seal piston, unsur ini berfungsi merapatkan celah antara piston dan slinder sehingga tidak bocor. Tapi jika seal ini rusak maka minyak rem bisa bocor, sehingga tekanan minyak rem bisa drop.
Untuk mengatasinya, ada dua opsi anda bisa ganti bab dari master rem yang rusak dan yang kedua anda ganti satu unit master rem.
Tentu opsi yang pertama akan lebih ekonomis biaya alasannya anda mungkin cuma perlu ganti seal, namun ini perlu tenaga ahli (mekanik terlatih) alasannya membongkar unit master rem itu sedikit tricky.
Tapi bila anda menjinjing kendaraan beroda empat ke bengkel resmi maka opsi kedua yang lazimnya diusulkan, alasannya yakni lebih kondusif meski lebih mahal.
Jadi kembali lagi ke anda, mau ganti satu set atau ganti satu pecahan saja yang rusak.
Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.