Mobil Susah Di Starter, Cek 7 Penyebab + Solusinya Berikut


    Untuk menghidupkan mesin mobil, kita tinggal putar kunci kontak ke posisi ST. maka seketika mesin kendaraan beroda empat akan menyala dan mobil siap dijalankan.

    Tapi ada satu problem yang bisa dikatakan cukup sering terjadi, yaitu duduk perkara mesin yang sulit dihidupkan. Apalagi mobil kini hampir seluruhnya memakai teknologi injeksi, kira-kira apa penyebabnya ? dan bagaimana solusinya ?

    Hari ini Autoexpose akan memeriksa beberapa komponen yang menjadi sumber kerusakan hingga mesin sukar di starter. Agar kita semua bisa tahu langkah apa yang mesti diambil kalau suatu waktu mobil kita mengalami masalah serupa.

    Pеnуеbаb Mоbіl Suѕаh Dі Stаrtеr


    Secara biasa , penyebabnya bisa dari faktor luar seperti faktor kelistrikan atau karena faktor dari mesin itu sendiri. Jadi, ada banyak hal yang menyebabkan mesin sukar dihidupkan.

    1. Vоltаgе аkі lеmаh


    Yang pertama jelas dari faktor aki, aki itu menjadi sumber listrik utama sebelum mesin hidup. Dinamo starter itu memakai listrik sebagai sumber energi, listrik ini diambil dari aki.

    Kalau akinya soak, maka voltage aki lemah. Sehingga tidak berpengaruh untuk menggugah mesin.

    Baca juga : 7 Pеnуеbаb аkі mоbіl сераt tеkоr

    Pada dilema yang pertama ini, starter mesin masih bisa dihidupkan tetapi putaran crankingnya kurang atau lebih lambat dari biasanya. Hal itulah yang menimbulkan mesin sulit hidup.

    Normalnya, tegangan aki itu 12 Volt. Kalau kurang dari 10 volt maka bisa dikatakan aki mulai soak. Untuk mengeceknya, anda perlu Volt meter namun bila tidak mempunyai anda mampu menjajal membangkitkan klakson.

    Setelah anda start mesin berkali-kali dan mesin tak kunjung hidup, coba tekan klakson. Kalau bunyinya masih keras, maka aki masih aman. Tapi kalau bunyinya agak sember, ini tanda jikalau aki lemah.

    Solusinya,tergantung kondisi. Aki harusdiganti bila aki yang digunakan ialah tipe MF atau aki kering yang sudah sekitar 2 tahun. Tapi bila gejala sulit start ini timbul saat anda baru membangkitkan kendaraan beroda empat yang lama tidak pernah dipanasi, maka cukup dicharge ulang karena komponen aki masih baik cuma tegangannya saja yang habis.

    Kalau aki yang digunakan masih aki berair, anda bisa bawa ke bengkel untuk dilaksanakan penggantian air aki dan melaksanakan pengisisan ulang. Kaprikornus meski sudah 2 tahun tidak perlu ganti akinya.

    2. Bruѕh dіnаmо ѕtаrtеr аuѕ

    Didalam dinamo starter ada beberapa komponen. Salah satunya brush atau sikat yang berfungsi menghubungkan arus listrik dari aki ke rotor yang berputar. Kalau anda paham motor listrik, niscaya anda paham citra komponen ini.

    Dalam proses kerjanya, brush akan selalu bergesekan dengan rotor. Oleh alasannya itu, dalam rentang waktu tertentu brush bisa aus.

    Kalau brush aus, penyaluran arus listrik dari aki ke rotor menjadi terhambat. Sehingga meski aki masih full 12 Volt, tegangan yang hingga ke rotor itu bisa lebih rendah. Hasilnya, putaran dinamo starter jadi lebih lambat dan mesin sukar hidup.

    Cara mengetesnya, perlu dicek dengan membuka dinamo starter mobil anda. Tapi itu rumit dan perlu alat yang bermacam-macam. Cara gampangnya, seperti yang diatas. Setelah anda start mesin berkali-kali, coba tekan klakson. Kalau bunyinya masih wajar maka aki baik-baik saja sehingga masalahnya tidak pada aki melainkan bisa dari brush ini.

    Yang unik, kadang mesin bisa dihidupkan dengan mudah. Jadi kalau kendaraan beroda empat susah di starter kadang kala saja, maka bisa jadi itu problem brush dinamo starter.

    Solusinya dengan melaksanakan penggantian. Untuk biayanya aku rasa cukup terjangkau bila cuma mengubah brush. Cuma jikalau anda ingin mengganti satu set dinamo starter, tentu harganya lebih mahal.

    3. Kаbеl kоnеktоr аkі kе dіnаmо ѕtаrtеr hаnguѕ


    Kabel konektor ini mempunyai diameter yang cukup besar, masuk akal saja alasannya kabel ini akan mengalirkan arus listrik dengan intensitas besar.

    Meski kabelnya sudah dibentuk tahan arus besar, namun tidak dengan konektornya. Biasanya, kabel ini terhubung dengan mur. Kalau mur ini sedikit longgar, bisa mengakibatkan loncatan bunga api. Dan usang kelamaan, ini akan aben penggalan konektor kabel aki.

    Hasilnya, tegangan yang bisa dialirkan ke dinamo starter menjadi lebih rendah. Untuk mengevaluasi problem ini, anda perlu pinjaman senter untuk menyoroti serpihan konektor kabel aki ke dinamo starter. Kalai kondisinya masuk akal (masih terlihat murnya) maka itu masih O.K. Tapi jika hangus, itu tandanya ada dilema pada konektor.

    Solusinya, tergantung kondisi. Kalau murnya masih mampu dipakai, anda cukup kencangkan mur ini hingga betul-betul tidak ada celah. Tapi jikalau mur sudah sedikit meleleh, anda mesti ganti murnya. Dan yang paling parah kalau kabel konektornya yang kena, maka anda mesti mengganti satu set kabel aki.

    4. Fuеl рumр bеruruѕаn

    Fuel pump fungsinya untuk memompa bensin dari tanki ke mesin. Pada mobil injeksi, pompa ini sudah memakai motor listik. Makara tenaganya menggunakan listrik dan yang menertibkan kinerja pompa ialah ECU.

    Mungkin anda sering mendengar, setiap kali kunci kontak diposisikan ON maka akan terdengar bunyi mendengung dari belahan tanki. Ini yaitu bunyi fuel pump, yang otomatis menyala dengan durasi tertentu di saat kunci kontak ON.

    Tujuannya agar tekanan bensin bisa naik, sehingga begitu mesin distarter, bensin bisa eksklusif keluar lewat injektor.

    Kalau anda tidak mendengar suara dengungan ini, dan mesin sulit dihidupkan maka itu bertanda bahwa fuel pump memiliki kasus.

    Masalah fuel pump ini tidak melulu terletak pada bagian pompanya, karena bisa saja cuma sekering yang putus atau relay yang putus. Makara sewaktu anda memperoleh kondisi diatas, buka dahulu fusebox underhood di kap mesin kemudian cari sekering fuel pump.

    Lakukan sedikit inspeksi, ditengah sekering ada kawat. Kalau kawat itu putus maka sekering putus, juga bila gosong pertanda sekering putus. Coba anda ganti sekering tersebut dengan warna yang serupa, bila masuk akal maka kasus sudah tertuntaskan.

    Tapi jikalau sekering kembali putus bermakna ada korsleting pada jalur fuel pump. Untuk problem ini saya menyarankan segera hubungi bengkel.

    5. ISC еrоr


    ISC (idle speed control) merupakan aktuator pada tata cara injeksi yang mengendalikan idle RPM (RPM langsam). ISC ini sudah melakukan pekerjaan secara otomatis, jadi sewaktu kita hidupkan kendaraan beroda empat secara otomatis ISC mengontrol idle RPM.

    Kalau kondisinya mesin masbodoh, maka RPM otomatis naik begitupula ketika AC ON, RPM otomatis naik.

    Cara kerjanya, ISC ini memanfaatkan sebuah valve segitiga yang pergerakannya akan menghipnotis celah jalan masuk Idle. Jadi pergerakan ISC ini cuma maju mundur, jikalau ISC macet dan kebetulan macetnya ada di posisi menutup, ini akan menutup saluran idle.

    Padahal, lewat susukan inilah udara masuk dikala awal start. Otomatis mesin jadi sulit hidup bahkan tidak bisa hidup.

    Umumnya, masalah yang berhubungan dengan tata cara injeksi akan meninggalkan jejak berupa indikator mesin (check engine). Dalam keadaan wajar , indikator ini mati tetapi jikalau ada perkara, indikator ini akan menyala.

    Makara, jikalau anda menjumpai duduk perkara apapun di mesin dan indikator check engine menyala, lebih baik hubungi bengkel alasannya yakni itu mesti di scan dahulu.

    6. Tеkаnаn kоmрrеѕі lеmаh

    іmg bу tаuruѕсlub.соm

    Tekanan kompresi yang lemah sering dialami oleh mobil-kendaraan beroda empat yang sudah berumur lebih dari 5 tahun atau yang sering dipakai.

    Ciri tekanan kompresi lemah, asap kendaraan beroda empat berwarna putih, tenaga kendaraan beroda empat loyo, dan bunyi kendaraan beroda empat cenderung lebih kasar.

    Tekanan kompresi yang lemah biasanya disebabkan alasannya adalah tabrakan antara dinding silinder mesin dengan ring piston. Untuk mendeteksinya, perlu dilaksanakan pengetesan dengan alat compression tester.

    Untuk lebih detailnya serta bagaimana solusinya, anda mampu baca postingan ini 5 реnуеbаb tеkаnаn kоmрrеѕі kеndаrааn bеrоdа еmраt rеndаh + ѕоluѕіnуа

    7. Buѕі mаtі

    Terakhir komponen yang paling kerap disalahkan saat mesin sulit hidup yakni busi. Untuk mobil, jikalau businya mati satu maka mesin masih bisa hidup tetapi pincang.

    Tapi bila busi yang mati 3, tentu ini akan mengakibatkan mesin sulit dihidupkan.

    Busi juga merupakan komponen yang punya limit pemakaian. Busi memang mampu dipakai hingga 50.000 ribu KM tetapi itu sangat potensial mengalami kerusakan. Kaprikornus jikalau kendaraan beroda empat anda sudah usang sekali tidak diganti businya, bisa jadi masalahnya ada pada busi.
    David Sigalingging
    David Sigalingging Guru Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Seri Kuala Lobam.
    Post a Comment