Ciri Master Rem Mobil Rusak (Plus Solusinya)
David Sigalingging
1 min read
Jadi jikalau master rem rusak, otomatis rem memiliki duduk perkara. dari rem ngempos, hingga rem benar-benar blong.
Lalu apa tanda master silinder kendaraan beroda empat rusak ?
Cіrі Mаѕtеr Sіlіndеr Rеm Mоbіl Ruѕаk
іmg : уоtаtесh.соm
Master rem merupakan komponen yang wajib ada pada metode pengereman yang menggunakan hidrolik baik pada motor ataupun mobil. Lokasinya ada sesudah pedal rem, jadi master silinder ini akan merubah dorongan pedal rem menjadi tekanan hidrolik.
Lalu kalau master silinder rusak, maka ciri yang paling nampak bisa anda rasakan sewaktu menginjak pedal rem.
Rem terasa amblas
Maksudnya meski secara keseluruhan rem masih berfungsi, tetapi ketika anda menahan rem maka secara perlahan-lahan pedal rem terus amblas. Ini ialah tanda awal bahwa piston didalam master silinder mulai bocor tetapi masih dalam pembagian terstruktur mengenai ringan.
Apabila master silinder sudah dalam pembagian terstruktur mengenai rusak berat, maka rem bisa ngempos atau ngeblong. Yakni dikala anda menekan pedal rem, pedal rem terasa ringan dan langsung amblas begitu saja (mirip rem masuk angin). Dan ini terjadi berulang-ulang.
Ciri lain yang dapat memperkuat praduga master rem rusak, bisa anda lihat pada reservoir minyak rem. Kalau minyak rem kurang, maka master rem masih wajar alasannya gejala mirip rem amblas merupakan pengaruh dari masuk angin rem.
Tapi bila minyak rem masih penuh, anda perlu waspada alasannya ini membuktikan ada kerusakan pada master silinder rem kendaraan beroda empat anda.
Lаlu Bаgаіmаnа Cаrа Mеmреrbаіkіnуа ?
Perlu dimengerti juga, master rem sendiri terdiri dari beberapa komponen penyusun menyerupai tabung silinder, piston dan seal.
Apabila anda menjinjing kendaraan beroda empat ke bengkel resmi, maka anda akan diminta mengubah satu unit master rem. Namun bila kerusakannya masih ringan misalnya cuma seal piston yang mengalami kerusakan maka anda dapat membongkar unit master rem dan mengganti sealnya saja.
Dengan catatan piston dan silinder masih dalam keadaan baik.
Meski terdengar gampang, pekerjaan ini masuk ke tingkat expert. Karena untuk membongkar (bukan melepas) unit master rem perlu beberapa kunci khusus yang hanya dimiliki bengkel. Kalau melepas unit master rem dari mobil, mungkin anda sendiri bisa namun untuk main amannya bawa unit master rem ke bengkel untuk dikerjakan pengecekan lebih lanjut.
Eѕtіmаѕі оngkоѕ gаntі unіt mаѕtеr rеm
Apabila anda mesti mengganti satu unit master rem, maka persiapkan dana anda. alasannya yaitu harga spare part master rem yang orisinil mampu lebih dari 1 juta. Sementara untuk brand after sales, harganya beragam ada yang sama 1 jutaan ada juga yang dua ratus ribuan.
Makara pilih mana, ori atau aftersales ?
Itu semua terserah anda, tetapi bila ingin baka dan tidak ada efek samping lebih baik gunakan spare part original. Apalagi ini berafiliasi dengan tata cara keselamatan kendaraan beroda empat.
Mungkin itu saja, supaya bisa memperbesar pengetahuan kita semua.
Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.