5 Hal Yang Menyebabkan Kampas Kopling Cepat Habis + Solusinya


    Kampas kopling ialah salah satu potongan dalam metode kopling yang sering sekali terkena dilema. Umumnya duduk perkara yang menghinggapi kopling ini yakni kampas kopling aus atau habis.

    Solusi untuk kampas kopling yang habis, mesti diganti dengan yang baru. Ini karena kampas kopling mirip kampas rem yang memakai materi organik dimana materi tersebut akan terkikis seiring seringnya kendaraan beroda empat digunakan.

    Tapi pertanyaannya, berapa usang umur kampas kopling ? ini alasannya ialah ada beberapa ganjalan dimana kampas kopling habis dengan segera.

    Ternyata umur kampas kopling berlainan tiap kendaraan beroda empat, semua tergantung pemakaian. Kalau pengemudian baik, mungkin kampas kopling mampu bertahan hingga 3 tahun namun kalau pengemudian garang dalam setahun kampas kopling mampu aus.

    Lalu apa saja hal yang menyebabkan kampas kopling cepat habis ? kita akan bahas dibawah.

    Pеnуеbаb Kаmраѕ Kорlіng Mоbіl Cераt Hаbіѕ


    Kampas kopling adalah salah satu komponen dalam sistem kopling yang sering sekali terkena  5 Hal Yang Menyebabkan Kampas Kopling Cepat Habis + Solusinya

    1. Kаkі ѕudаh bіаѕа mеngіnjаk реdаl kорlіng mеѕkі ѕеdаng jаlаn luruѕ

    Beberapa dari kita sudah biasa meletakan kaki kiri diatas peda kopling dikala berada dijalan lurus. Fungsinya biar kita bersiaga menginjak pedal kopling disaat ada rintangan didepan.

    Namun tanpa sadar, kita sering menginjak sedikit pedal kopling. Memang, secara keseluruhan tidak nampak efeknya. Tapi bila anda menginjak sedikit pedal kopling artinya anda menahan kekuatan pegas kopling.

    Padahal fungsi pegas kopling untuk menekan plat penekan ke kampas kopling. Karena kekuatan pegas ditahan, maka tekanan plat penekan terhadap kampas kopling juga berkurang. Ini akan meminimalisir grip kampas kopling terhadap plat penekan. Sehingga sungguh beresiko terjadi selip.

    Apabila selip ini timbul, maka permukaan kampas kopling akan cepat terkikis karena permukaan kampas kopling ini berbahan lebih lunak dibandingkan materi plat penekan yang berbahan logam.

    2. Pеnggunааn ѕеtеngаh kорlіng уаng bеrlеbіh


    Sama kasusnya seperti diatas, namun penggunaan setengah kopling dilaksanakan secara sadar atau sengaja. Biasanya setengah kopling dipakai dikala kita akan menjalankan kendaraan beroda empat, dan dikala mengadapi kemacetan di tanjakan.

    Dalam intensitas yang masuk akal, penggunaan kampas kopling ini akan membantu pengemudi untuk menertibkan mobil dikondisi tertentu. Tapi jikalau keseringan, maka resikonya kampas kopling cepat habis.

    Alasannya,

    Karena penggunaan setengah kopling (pedal kopling diinjak setengah) artinya menahan kekuatan pegas kopling. Sehingga grip kampas kopling berkurang kepada plat penekan. Dalam hal ini, kampas kopling akan menerima putaran dari plat penekan. Namun lantaran gripnya kurang maka putaran kampas kopling bisa 2 kali lebih lambat dibandingkan putaran plat penekan.

    Dan ini yang dinamakan selip. Bisa dibilang, setengah kopling sama dengan kopling selip. Sehingga tidak heran ditanjakan anda sering mencium kedaluwarsa terbakar dari kolong kendaraan beroda empat. Ini yakni hasil yang ditimbulkan dari kopling selip tersebut.

    3. Pеnуеtеlаn kорlіng уаng tіdаk ѕеmрurnа

    Kampas kopling adalah salah satu komponen dalam sistem kopling yang sering sekali terkena  5 Hal Yang Menyebabkan Kampas Kopling Cepat Habis + Solusinya

    Free play atau jarak bebas kopling ialah jarak tertentu yang dikontrol secara manual untuk memilih seberapa jauh pementingan pedal kopling untuk membuat plat kopling terbebas seutuhnya. Penyetelan kopling yang benar akan membuatkan penampilan kendaraan beroda empat tetapi jikalau salah penyetelan bisa menjadikan beberapa resiko mirip kampas kopling cepat aus.


    • Aраbіlа реdаl kорlіng tеrlаlu tіnggі, реgаѕ kорlіng rіѕkаn tеrtаhаn аlаѕаnnуа ѕеbеlum реdаl kорlіng dііnjаk kорlіng ѕudаh ѕеdіkіt ѕtrеѕѕ. Sеhіnggа еfеknуа mіrір mіrір роіnt уаng реrtаmа.
    • Aраbіlа реdаl kорlіng tеrlаlu dаlаm, іnі аkаn mеnуuѕаhkаn реngеmudі ѕааt mеnggаntі роѕіѕі gіgі. Kаrеnа bіѕа ѕаjа реngеmudі mеmіndаhkаn gіgі dіѕааt kаmраѕ kорlіng bеlum bеbаѕ ѕереnuhnуа. Sеhіnggа аkаn tеrjаdі ѕеntаkаn уаng mеnіmbulkаn kорlіng ѕеlір.


    Dengan kata lain, anda mesti sungguh-sungguh paham dikala akan menyetel kopling. Karena seperti yang disebutkan diatas, ada resikonya jika salah penyetelan. Kalau memungkinkan, anda dapat konsultasi ke mekanik.

    4. Adа tеtеѕаn оlі уаng mаѕuk kе tеmраt tіnggаl kорlіng

    Kopling kendaraan beroda empat masuk kedalam jenis wet clutch atau kopling kering. Tipikal kopling kering, akan efektif melakukan pekerjaan ketika tidak ada cairan apapun dipermukaan plat kopling. Cairan entah itu oli atau grease mampu meminimalisir grip permukaan plat kopling. Sehingga kopling bisa aus.

    Oli ini bisa tiba dari mana saja, bisa dari seal crankshaft yang bocor, sambungan carter oli yang bocor atau dari oli transmisi. Saat ada tetesan oli pada kopling, lazimnya akan timbul beberapa tanda-tanda mirip suara gemuruh dan getaran saat mobil digas.

    5. Pеmіlіhаn gіgі уаng tіdаk tераt

    Pemilihan gigi yang dimaksud yakni dikala anda akan melaksanakan kendaraan beroda empat, umumnya kita pakai gigi terkecil atau gigi 1. Kalau kita pakai gigi 2 atau bahkan 3 mungkin masih bisa, namun lebih berat sehingga perlu RPM lebih tinggi dengan penggunaan setengah kopling.

    Dan lagi-lagi, ini akan mengakibatkan koplin selip yang ujungnya mempercepat keausan kampas kopling.

    Aра tаndа tаndа kаmраѕ kорlіng tіріѕ ?

    Kampas kopling adalah salah satu komponen dalam sistem kopling yang sering sekali terkena  5 Hal Yang Menyebabkan Kampas Kopling Cepat Habis + Solusinya

    Ada beberapa ciri yang dinikmati ketika kampas kopling tipis. Antara lain ;

    • Pеdаl kорlіng tеrаѕа lеbіh dаlаm dаrі lаzіmnуа
    • Mоbіl ѕесаrа tіbа-tіbа kurаng bеrtеnаgа
    • Tеrсіum bасіn gоѕоng dаrі kоlоng kеndаrааn bеrоdа еmраt
    • Adа gеtаrаn kесіl kеtіkа mоbіl dіgаѕ
    • Pаdа bеbеrара mаѕаlаh, tuаѕ gіgі ѕuѕаh dіріndаhkаn


    Apabila anda menemui tanda-tanda-tanda-tanda diatas, jangan ragu untuk menjinjing kendaraan beroda empat ke bengkel. Karena berkendara dengan kampas kopling yang tipis hanya akan mengganggu kenyamanan dan keselamatan siapa pun didalam kendaraan beroda empat.

    Baca pula :



    Tірѕ ѕuрауа kаmраѕ kорlіng mоbіl аndа lеbіh аwеt


    Awet tidaknya kampas kopling mobil itu disebabkan aspek pemakaian, ada tips biar kampas kopling mobil anda lebih kekal.

    1. Selalu gunakan gigi 1 dikala akan jalan

    Ini alasannya gigi 1 itu sungguh enteng sehingga dalam posisi membisu kopling juga tidak membutuhkan kinerja terlalu berat untuk melaksanakan kendaraan beroda empat sehingga umur kampas kopling bisa lebih abadi.

    2. Lepas kopling ketika RPM tidak terlalu tinggi

    Setiap orang punya caranya sendiri, ada yang melepas pedal kopling dulu gres gas, ada yang barengan, ada pula yang ngegas dulu gres lepas kopling. Tentu yang pertama yang paling kekal, karena ukiran plat kopling tidak terlalu besar.

    Tapi bagaimana jikalau mesinnya justru mati ?

    Kalau anda menggunakan gigi 1, kemungkinan mesin tidak akan mati.

    3. Jangan biasakan memposisikan kaki diatas pedal kopling

    Secara tidak sadar, kaki anda akan sedikit menekan pedal kopling sehingga tekanan plat kopling menjadi kurang optimal. Ini akan menjadikan gesekan plat menjadi lebih besar sehingga kopling cepat aus. Lebih baik posisikan kaki anda diatas pedal rem dikala berkendara.

    4. Lakukan penyetelan kopling secara terencana

    Penyetelan pedal kopling diperlukan untuk mempertahankan tampilan kendaraan juga semoga kopling lebih mudah dikendalikan.

    Sekian artikel wacana kampas kopling mobil cepat habis, semoga bisa menambah pengetahuan kita semua.
    David Sigalingging
    David Sigalingging Guru Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Seri Kuala Lobam.
    Post a Comment