5 Bahaya Bearing Roda Mobil Rusak Kalau Tidak Segera Diganti


    Salah satu ciri bearing roda yang mulai rusak merupakan terdengarnya suara gemuruh saat mobil berjalan. Itu disebabkan alasannya adalah posisi as roda dengan bearing atau lahernya tidak klop sehingga masih ada sedikit celah.

    Dari celah itulah suara gemuruh tersebut berasal. Yang masuk akal , posisi as roda dengan bearing roda itu mesti betul-betul klop tidak ad celah sedikitpun. Sehingga meski kendaraan beroda empat melintasi jalan tidak ratapun roda kendaraan beroda empat tidak persoalan.

    Tapi kita tidak membahas mengapa bearing roda bisa rusak, yang kita diskusikan ialah bahayanya bila bearing roda kendaraan beroda empat yang rusak tidak segera diganti.


    Ini penting alasannya berafiliasi dengan roda, sementara kita tahu sendiri roda itu bagaikan kaki yang membuat mobil mampu bergerak. Lalu apa saja bahanyanya ?

    1. Sеtіr jаdі kurаng ѕtаbіl

    Pengemudian kendaraan mampu berjalan dengan nyaman dan aman dikala kondisi tata cara steering (steering rack, tie rod, stabilizer kafe) dan roda dalam kondisi baik.

    Bearing roda masuk ke kalangan roda, alasannya adalah dikala bearing roda rusak maka roda akan sedikit oblak. Ini membuat pengemudian menjadi kurang stabil sehingga dikala kita kemudikan kendaraan beroda empat, akan terasa getaran getaran pada roda kemudi hingga setir yang oleng.

    Apalagi ketika kendaraan beroda empat melintasi jalan tidak rata, roda kemudi akan lebih sulit dikendalikan.

    2. Rоdа kеndаrааn bеrоdа еmраt tеrkunсі

    Akibat bearing roda yang oblak salah satunya mengembangkan suhu pada area bearing dan ujung as roda. Peningkatan suhu ini bisa menimbulkan pemuaian pada tiap laher, dan as roda. Sehingga dalam satu titik, roda kendaraan beroda empat bisa terkunci lantaran pemuaian ini.

    Ketika roda kendaraan beroda empat telah terkunci, maka mobil macet tetapi bukan macet mesinnya melainkan macet rodanya ibarat ditahan oleh rem.

    3. Rеm kеndаrааn bеrоdа еmраt mасеt

    Hampir sama kasusnya mirip diatas, dikala area bearing panas maka piringan rem juga mengalami peningkatan suhu begitu juga dibagian kalipernya. Memang dalam keadaan normal, rem cakram juga dalam kondisi panas tetapi alasannya adalah ditambah panas bearing maka suhunya kian panas.

    Maka ada dua kemungkinan, rem kendaraan beroda empat blong atau rem kendaraan beroda empat macet (rem tidak balik).

    4. Aѕ rоdа mеmіlіkі роtеnѕі раtаh

    Yang paling parah adalah as roda bisa patah, hal ini sebab as roda senantiasa bergejolak didalam bearing. Kaprikornus mirip dipukul-pukul, dikala awal-permulaan memang as roda mampu bertahan tetapi jikalau dibiarkan as roda akan kalah juga sehingga as roda bisa patah dan jikalau itu terjadi ketika mobil sedang jalan mampu anda bayangkan sendiri karenanya seperti apa.

    5. Kеruѕаkаn mаmрu mеrеmbеt kе unѕur lаіn

    Selain itu kerusakan bearing roda yang dibiarkan bisa menimbulkan kerusakan pada potongan kaki-kaki yang lain. As roda sudah terperinci bila tidak patah setidanya bengkok.

    Selain as roda, velg dan ball joint juga potensial mengalami kerusakan.

    Makara, dianjurkan ketika anda merasakan gejala kerusakan pada bearing roda segera bawa kendaraan beroda empat ke bengkel untuk melakukan perbaikan. Tak jarang, kerusakan bearing roda ini disebabkan cuma alasannya ialah kondisi bearing kering.

    Ketika bearing roda kering, maka anda akan merasakan getaran pada area roda dikala melaju diatas 40 KM/H. dikala anda rasakan itu, coba cek dengan mendongkrak mobil agar roda ternagkat lalu goyangkan roda secara vertikal.

    Kalau belum oblak, maka bearing masih kondusif hanya perlu pelumas (grease) tetapi kalau telah oblak, maka ada bearing yang penyok atau pecah sehingga perlu diganti.
    David Sigalingging
    David Sigalingging Guru Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Seri Kuala Lobam.
    Post a Comment