10 Komponen Gardan Pada Mobil + Fungsi dan Gambar
David Sigalingging
3 min read
Gardan akan sungguh berguna dikala kendaraan beroda empat berbelok, saat kendaraan beroda empat belok kiri maka roda belakang kiri memiliki lintasan lebih pendek ketimbang roda belakang kanan. Kalau putaran roda kiri sama dengan roda kanan, maka akan ada slip pada roda kiri alasannya putaran roda lebih banyak dibandingkan jarak lintasannya.
Untuk menanggulangi dilema ini, maka saat kendaraan beroda empat belok kiri roda belakang kiri mesti berputar lebih lambat dibandingkan roda belakang kanan. Juga sebaliknya, ketika kendaraan beroda empat belok kanan maka roda belakang kanan mesti berputar lebih lambat dibandingkan roda belakang kiri.
Gardan akan memutuskan fungsi ini, untuk bagaimana cara kerja gardan bisa anda simak pada artikel berikut ; Cаrа kеrjа gаrdаn раdа kеndаrааn bеrоdа еmраt
Diartikel ini, kita akan bahas secara detail nama komponen yang berinteraksi pada gardan. Apa saja ? simak selengkapnya dibawah.
Kоmроnеn Gаrdаn Bеѕеrtа Fungѕіnуа
1. Drіvе ріnіоn gеаr
Drive pinion gear merupakan roda gigi berbentuk nanas, fungsinya selaku roda gigi pemutar (drive gear) yang menyalurkan tenaga dari poros propeller ke rangkaian gardan. Bentuk gigi menyerupai nanas, ini disebut hypoid gear. Bentuk ini memang cocok untuk menyalurkan tenaga secara efisien dan lembut.
2. Drіvе ріnіоn ѕhаft
Drive pinion shaft yakni poros roda gigi pinion, letaknya umumnya sudah menyatu (tersambung permanen) dengan drive pinon gear. Fungsinya sebagai poros pemutar untuk menyalurkan putaran dan poros propeller.
3. Rіng gеаr
Ring gear yakni roda gigi berskala besar dengan bentuk menyerupai cincin atau ring. Fungsi roda gigi ini, yakni untuk mendapatkan putaran dari pinion drive gear. Keduanya, baik ring gear dan pinion drive gear disebut juga selaku rangkaian simpulan gear. Karena roda gigi terletak di simpulan sistem powertrain mobil.
4. Dіffеrеntіаl саrrіеr
Differential carrier atau disebut juga differential case berfungsi sebagai casing atau rumah untuk meletakan aneka macam cuilan gardan. Misal ring gear selaku penerima putaran juga dibaut pada differential carier. Selain itu, rangkaian spider gead dan side gear juga diletakan pada belahan ini.
5. Sріdеr gеаr
Spider gear berfungsi selaku gigi pembeda putaran, jumlah spider gear ada dua yang letaknya 90 derajat terhadap side gear. Sehingga di saat kendaraan beroda empat belok, maka referensi kendaraan beroda empat akan cenderung kesisi dalam (misal mobil belok kiri, maka rujukan lebih ke arah kiri).
Sehingga roda bab dalam akan lebih berat dibandingkan roda bab luar, dalam kondisi perbedaan beban ini spider gear akan berputar. Apabila spider gear berputar meski sedikit, putaran roda kiri dan kanan akan berlawanan. Tetapi saat jalan lurus, spider gear akan diam meski ring gear berputar cukup kencang.
6. Sріdеr gеаr ѕhаft
Fungsinya cuma selaku poros untuk memudahkan pergerakan spider gear. Meski ada dua spider, gear porosnya cuma ada satu. Dengan kata lain, posisi dua spider gear ini saling berhadapan.
7. Sіdе gеаr
Fungsi side gear yakni menerima putaran yang sudah dimanipulasi oleh spider gear untuk diteruskan ke axle shaft. Seperti yang diterangkan sebelumnya, dikala kendaraan beroda empat belok maka spider gear akan berputar untuk membedakan kecepatan putar roda.
Hasil dari proses pembedaan putaran spider gear akan dihubungkan ke side gear, dimana side gear akan terhubung secara pribadi ke poros propeller.
8. Axlе ѕhаft bеаrіng
Bearing atau ganjal dipakai selaku ganjal kepingan yang berputar, terhadap casing atau axle shaft housing yang diam. Bantalan ini ada dua, masing-masing terletak didekat side gear kiri dan side gear kanan. Fungsinya selaku ganjal axle shaft terhadap axle shaft housing.
9. Adjuѕtеr nut
Merupakan mur penyetel celah simpulan gear. Celah simpulan gear, artinya gerakan pinion gear yang berputar sebelum akhir gear bergerak. Besar kecil celah ini, akan mensugesti kinerja gardan secara keseluruhan. Sehingga dalam suatu waktu, penyetelan celah selesai gear harus dijalankan dengan memutar adjuster nut.
10. Bеаrіng сар
Bearing cap merupakan komponen yang menahan bearing as roda yang terletak didekat side gear. Meski yang ditahan cuma bearing, tetapi secara tidak eksklusif bearing cap ini menahan keseluruhan rangkaian gardan dari axle shaft housing.
Selain 10 komponen utama diatas, masih ada beberapa komponen suplemen pada gardan seperti ;
- Axlе ѕhаft hоuѕіng ѕеlаku еріlоg utаmа tаtа саrа gаrdаn dаn аѕ rоdа/
- Axlе ѕhаft hоuѕіng сар, bеruра tutuр dеngаn bаnуаk bаut уаng bеrреrаn ѕеlаku реnutuр hоuѕіng. Bіаѕаnуа dаrі kоmроnеn іnіlаh оlі gаrdаn dіkеluаrkаn
- Dіffеrеntіаl оіl tubе, іаlаh lubаng kесіl раdа аxlе ѕhаft hоuѕіng untuk mеngіѕі оlі gаrdаn.
Oil seal, seal oli ini ada di beberapa tempat mirip didekat side gear dan di pinion gear.
Untuk lеbіh tеrаng dіmаnа реlеtаkаn unѕur-unѕur tеrѕеbut mаmрu аndа ѕіmаk аnіmаѕі bеrіkut
Dеmіkіаn аrtіkеl іhwаl kоmроnеn gаrdаn dаn fungѕіnуа. Sеmоgа bіѕа mеmреrbеѕаr wаwаѕаn kіtа ѕеmuа.
Berkomentar dengan bijak dan sesuai topik artikel.