Penyebab dinamo starter rusak


    Dinamo starter merupakan unsur penting yang dipakai dikala pertama kali kita akan membangkitkan mesin kendaraan beroda empat. Dinamo starter memerlukan arus listrik yang besar dari aki mobil supaya bisa memutar mesin.

    Di kendaraan beroda empat, dinamo starter memang di rancangan biar tahan lama serta mempunyai cara kerja yang efektif ibarat misalnya dikala tidak digunakan, gigi-gigi (gear) pada dinamo starter tidak akan terhubung dengan gear di mesin.

    Selain itu, kalau mesin gres pertama kali hidup, putaran mesin akan lebih cepat dari putaran dinamo starter, dan dinamo starter akan aman-aman saja alasannya di dalamnya dipasang overrunning clutch yang akan menangkal kerusakan dinamo starter dikala terjadi putaran balik yang lebih cepat dari mesin.

    Dinamo starter merupakan komponen penting yang digunakan saat pertama kali kita akan mengh Penyebab dinamo starter rusak

    Namun, sebagai komponen yang terus digunakan secara berkala , dinamo starter juga tak luput dari kerusakan. Lantas apa saja yang membuat dinamo stater ini rusak ? Berikut beberapa penyebab dinamo starter kendaraan beroda empat rusak yang kerap terjadi ...


    1. Mеmаkѕа dіnаmо ѕtаrtеr tеruѕ mеlаkukаn реkеrjааn


    Penyebab dinamo starter rusak yang paling sering terjadi yakni simpulan memaksa dinamo starter terus melakukan pekerjaan untuk menghidupkan mesin meskipun mesin tak inginmenyala. Umumnya, waktu yang digunakan untuk melaksanakan starter mesin hingga mesin hidup berkisar diantara 2-5 detik saja, lebih dari itu mampu menimbulkan banyak persoalan, mulai dari dinamo starter rusak sampai aki kendaraan beroda empat menjadi soak.

    Dinamo starter rusak bisa terjadi jawaban pedoman listrik yang terlalu besar dari aki mengalir terus menerus dalam rentang waktu yang lama. Saat listrik berarus besar dari aki mengalir ke dinamo starter, maka akan muncul panas.

    Panas inilah yang akan membuat kerusakan pada komponen-komponen di dalam dinamo starter mirip contohnya pada carbon brush, kumparan armature, magnetic switch, atau field coil yang mau terlihat gosong dan terbakar hingga putusnya lilitan dan gulungan kumparan pada armatur coil dan field coil.

    Oleh alhasil, bila teman menstarter mesin yang tak mauhidup, seharusnya berikan jeda setidaknya 2 sampai 3 menit setelah menstarter mesin lebih dari 3 kali starter. Selain itu, usahakan untuk menstarter mesin tidak lebih dari 10 detik. Menstarter mesin lebih dari 10 detik mampu menyebabkan dinamo starter rusak.


    2. Mеnѕtаrtеr mеѕіn dіkаlа mеѕіn ѕudаh hіduр


    Penyebab dinamo starter rusak yang selanjutnya merupakan akibat menstarter mesin saat hidup. Fungsi dinamo starter yang paling utama ialah untuk menstarter mesin pertama kali sehingga mesin bisa hidup dan menyala. Setelah mesin menyala maka dinamo starter tidak lagi di fungsikan.

    Jika dinamo starter di fungsikan dikala mesin sudah hidup maka akan terjadi tumbukan antara ring gear flywheel dengan pinion gear yang ada didalam dinamo starter. Akibatnya gigi-gigi pada dinamo starter ataupun pada ring gear flywheel akan menjadi rusak dan tidak lagi bisa saling mengait.

    Kerusakan pada gear-gear ini akan menciptakan dinamo starter menjadi los saat dipakai kembali (dinamo starter berputar namun tidak bisa memutar mesin).

    Oleh hasilnya, hindari kesalahan menstarter mesin sewaktu mesin sudah hidup yakni dengan tidak terburu-buru menstarter mesin dan senantiasa mengamati lampu-lampu beserta kondisi jarum rpm di dashboard mobil.


    3. Cаrbоn bruѕh dіnаmо ѕtаrtеr hаbіѕ


    Penyebab dinamo sarter rusak yang selanjutnya merupakan final carbon brush dinamo starter sudah habis. Ya, dinamo starter merupakan bagian yang juga perlu dirawat walaupun dalam rentang waktu yang lama. Salah satu umpamanya yakni kondisi carbon brush di dalam dinamo starter.

    Carbon brush berfungsi untuk mengalirkan aliran listrik dari aki menuju ke kumparan armature sehingga armature bisa berputar tamat datangnya energi magnet alasannya adalah listrik yang mengalir pada kumparan.

    Seiring waktu dan kegiatan rutin pemakaian dinamo starter, maka lambat laun carbon brush ini akan kian menipis dan habis. Habisnya carbon brush didalam dinamo starter akan menjadikan pemikiran listrik dari aki menjadi terhenti sehingga dinamo starter tidak dapat memutar mesin.

    Bаса jugа :


    4. Mеnggunаkаn ѕеkrіng ѕtаrtеr уаng nіlаіnуа dіаtаѕ kеtеntuаn


    Menggunakan sekring starter yang nilainya diatas ketentuan juga dapat menjadi penyebab dinamo starter rusak. Kondisi ini kerap ditemukan bila ukuran sekring yang normal senantiasa putus di saat digunakan sehingga beberapa orang menetapkan untuk memakai sekring yang lebih tinggi nilainya dari ketentuan yang ada.

    Seharusnya, cara seperti ini tidak digunakan alasannya sangat riskan akan terjadinya korsleting listrik pada mobil yang efeknya bisa menimbulkan kebakaran.

    Jika pada dinamo starter, menggunakan sekring starter yang melebihi batas ukuran akan menjadikan kerusakan pada Ignition switch serta pada kepingan solenoid starter (magnetic switch). Ya, penggunaan sekring berkapasitas yang lebih besar akan mempercepat rusaknya kumparan pull in coil dan hold in coil dalam solenoid starter. Lilitan putus dan gosong pada solenoid starter yakni imbas yang akan timbul.


    5. Mаgnеtіс ѕwіtсh (Sоlеnоіd ѕtаrtеr) ruѕаk


    Penyebab dinamo starter rusak yang berikutnya yaitu jawaban rusaknya solenoid starter tepatnya pada bagian kontak antara terminal C dengan terminal 30. Terminal 30 pada solenoid starter akan terhubung dengan aki, sedangkan terminal C akan terhubung dengan kumparan armature.

    Kerusakan ini biasanya terjadi akhir kontak pada solenoid starter sudah mulai aus dan usang tamat pemakaian yang sudah usang. Kondisi rusaknya kontak pada solenoid starter ini juga akan menimbulkan dinamo starter tidak mampu berfungsi masuk akal .


    6. Dіnаmо ѕtаrtеr tеrlаlu lаmа tеrеndаm аіr ѕааt bаnjіr


    Penyebab dinamo starter rusak yang lainnya ialah balasan dinamo starter terlalu lama terendam air ketika banjir. Air, memang lawan utama komponen-unsur di kendaraan beroda empat menyerupai contohnya untuk dinamo starter ini. Air bisa menghilangkan grease/gemuk yang ada di bagian dalam overrunning clutch dan adakala akan meninggalkan jejak lumpur di dalamnya.

    Hilangnya grease dalam overruning clutch serta munculnya endapan lumpur jawaban campurnya air dengan grease menimbulkan overruning clutch menjadi macet dan tidak bisa berputar dengan tanpa hambatan. Kondisi ini lah yang karenanya menciptakan pinion gear rusak putaran dinamo starter juga menjadi los dikala mesin di starter.

    Demikianlah postingan perihal beberapa penyebab dinamo starter rusak yang bisa ombro sampaikan, biar berfaedah.

    Artikel ini diarsipkan pada klasifikasi : Mаѕаlаh-Mоbіl
    David Sigalingging
    David Sigalingging Guru Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Seri Kuala Lobam.
    Post a Comment